detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 15:29 WIB

Hakim Ini Malah Ingin Bebaskan Koruptor Rp 132 Miliar Tamin Sukardi

Haris Fadhil - detikNews
Hakim Ini Malah Ingin Bebaskan Koruptor Rp 132 Miliar Tamin Sukardi Gedung MA (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Hukuman Tamin Sukardi disunat dari 8 tahun penjara menjadi 5 tahun penjara. Ternyata, seorang hakim kasasi menilai koruptor Rp 132 miliar yang menyuap hakim itu harusnya dibebaskan.

Perkara Nomor 1331 K/Pid.Sus/ 2019 tersebut diputus pada 27 Mei 2019 oleh Andi Samsan Nganro sebagai ketua majelis, Abdul Latif dan Leopold L. Hutagalung sebagai hakim anggota.

"Tetapi putusan tersebut tidak bulat karena hakim anggota Leopold L. Hutagalung menyatakan dissenting opinion (DO) dan berpendapat bahwa terdakwa Tamin Sukardi tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tidak pidana korupsi sebagaimana yang didakwakan oleh jaksa. Oleh karena itu hakim anggota Leopold L Hutagalung mengusulkan membebaskan terdakwa dari segala dakwaan (vrijspraak)," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Kamis (30/5/2019).


Tamin duduk di kursi pesakitan terkait pelepasan hak guna usaha (HGU) tanah PT Perkebunan Nusantara II (Persero) di Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, dengan luas lebih-kurang 1.332 hektare. Tamin mulai melirik HGU itu sejak 2002. Dalam perjalanannya, proses jual-beli HGU itu penuh bau korupsi. Mantan Direktur Utama PT Erni Putra Terari itu kemudian diadili di PN Medan.
Hakim Ini Malah Ingin Bebaskan Koruptor Rp 132 Miliar Tamin SukardiTamin Sukardi (dok.detikcom)

Oleh PN Medan ia dihukum 6 tahun penjara dan diperberat oleh PT Medan menjadi 8 tahun penjara. Oleh MA, hukuman Tamin Sukardi diringankan.

"MA menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa selama 5 tahun dan pidana denda sejumlah Rp 500 juta. Dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar oleh terdakwa maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," paparnya.


Adapun di kasus penyuapan hakim, Tamin dihukum 6 tahun penjara. Adapun yang menerima suap, hakim Merry Purba dihukum 6 tahun penjara.



Simak Juga 'Tamin Sukardi, Penyuap Hakim Merry Purba Divonis 6 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]

Hakim Ini Malah Ingin Bebaskan Koruptor Rp 132 Miliar Tamin Sukardi

(asp/HSF)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed