detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 13:01 WIB

Pantau Pengamanan Mudik di Bandara Soetta, Kapolda Cek Kesiapan CCTV

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pantau Pengamanan Mudik di Bandara Soetta, Kapolda Cek Kesiapan CCTV Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengunjungi Bandara Soekarno Hatta (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta untuk mengecek pengamanan arus mudik. Kapolda mengunjungi posko pengamanan terpadu di depan Terminal 1.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (29/5/2019), Kapolda mengecek ruang monitor CCTV. Terdapat 2.104 kamera terpasang di seluruh kawasan Bandara Soekarno Hatta.


Kapolda bertanya soal kecanggihan CCTV tersebut. Dia bertanya soal ketersediaan CCTV dengan teknologi face recognition atau pengenal wajah.

"Kalau udah CCTV semua punya face recognition, nanti data dimasukkan. Datang orang, langsung tahu, jadi bantu polisi (mencari DPO)," kata Gatot.

Namun, Kepala Cabang Bandara Soekarno Hatta, Suriawan Wakan, menyebut CCTV dengan face recognition baru tersedia di Terminal 3.

"Di kami baru Terminal 3. (Terminal) 1, dan 2, kita sedang modernisasi," ucap Wakan.


Selain soal CCTV, Gatot pun bertanya tentang kerawanan di Bandara. Dia menanyakan masih ada atau tidak adanya tindak pencurian dengan modus geser maupun bongkar tas penumpang.

"Potensi kerawanan seperti geser tas itu ada tidak? Kalau bongkar tas harusnya tidak ada lagi," tanya Gatot kepada Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Victor Togi Tambunan.

"Bongkar tas tidak ada laporan. Kalau hilang bagasi, satu, dua. Kalau dengan CCTV besar kemungkinan bisa terungkap. Biasanya karena tertukar," jawab Victor kepada Gatot.

Victor menyebutkan kerawanan lain, yaitu penipuan di bandara. Salah satu modus pelaku adalah menebus barang di Bea Cukai (BC).

"Penipuan, modus barang akan masuk, tapi ditahan BC, minta dibantu kirim uang. Untuk ditebus di BC. Ternyata tidak. Tiket juga ada penipuan," kata Victor.


Setelah mengecek posko, Gatot berkunjung ke Terminal 1. Dia berbincang dengan penumpang yang akan terbang ke Padang.

"Nggak ada masalah kan, Bu. Semoga mudiknya lancar sampai ke tujuan," kata Gatot.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed