detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 10:36 WIB

4 Negara Keluarkan Travel Advice ke RI, Kapolda: Bali Safe for Tourist

Aditya Mardiastuti - detikNews
4 Negara Keluarkan Travel Advice ke RI, Kapolda: Bali Safe for Tourist Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Banyak negara mengeluarkan travel advice untuk warganya yang bakal berkunjung ke Indonesia saat 22 Mei kemarin. Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose memastikan keamanan Bali.

"Di Bali potensial kerusuhan tidak ada, kalaupun ada yang coba-coba kami juga sudah melakukan penangkapan terhadap penyebar berita hoaks. Kapada para pelaku bisnis tourism saya sudah mengeluarkan maklumat dibantu Pangdam, kami menjamin, pertaruhan adalah kewibawaan institusi kami," kata Golose usai apel gelar pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Selasa (28/5/2019).

Golose juga menyinggung soal travel advisory yang turut dikeluarkan negara tetangga se-ASEAN. Dia memastikan tidak ada gangguan kepada para turis mancanegara yang berlibur ke Bali.



"Ada isu-isu dan sebagainya kita lihat negara tetangga turut mengeluarkan travel advisory atau travel warning kepada Indonesia sesama ASEAN padahal tidak ada gangguan kepada negara-negara terutama warganya yang ada di sana," terangnya.

Golose memastikan Bali aman untuk dikunjungi. Dia memastikan pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bali ikut menjaga keamanan dan kenyamanan para turis yang datang ke Pulau Dewata.

"Saya juga menyatakan Bali is safe, sekali lagi Bali is still safe and always safe for the destination of tourist. Pak gubernur, dan saya kajati, pangdam kami adalah garda terdepan yang menjaga keamanan ketertiban dan juga menjamin keberadaan turis yang ada di Bali. Sampai sekarang tidak ada ancaman apapun, tidak ada threat, atau ancaman apapun yang ada di Pulau Dewata," tegas Golose.

Golose mengatakan Bali tetap aman dikunjungi. Dia mengaku sudah menyiagakan pasukan baik yang berseragam maupun tidak berseragam untuk memastikan keamanan.

"Saya sudah meningkatkan patroli berseragam atau tidak berseragam tentunya tidak menimbulkan hal-hal yang justru memancing dan dilihat bahwa seperti keadaan yang memungkinkan dilakukan upaya-upaya preventif maupun upaya represif. Justru yang kami lakukan soft approach bagaimana tanpa kelihatan melakukan pendekatan hard approach," paparnya.



Di lokasi yang sama, Gubernur Bali Wayan Koster mendukung kepolisian untuk menindak tegas segala upaya untuk menganggu ketertiban dan kenyamanan pariwisata di Bali. Koster pun meminta Golose untuk menindak tegas para pengganggu kenyamanan Bali.

"Saya mendukung tindakan tegas bapak kapolda kepada semua pihak yang ingin menganggu situasi kemanan di Bali apalagi itu yang menganggu keamanan dan kenyamanan sebagai destinasi pariwisata dunia perlu keamanan dan kenyamanan. Kepada semua pihak yang ingin mengganggu kenyamanan Bali melakui penyebaran hoaks atau modus lainnya saya minta pak kapolda menindak tegas," ucap Koster.

Untuk diketahui, negara-negara yang mengeluarkan travel advice ke Indonesia yaitu Kanada, AS, Inggris, Australia dan beberapa negara di ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Peringatan itu diberikan bagi warganya yang hendak atau sedang berada di Indonesia terkait aksi protes yang dilakukan massa pada 22 Mei 2019 lalu.
(rvk/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com