detikNews
2019/05/27 19:32:41 WIB

Round-Up

Tuah Pedagang yang Barangnya Dijarah

Ray Jordan, Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tuah Pedagang yang Barangnya Dijarah Presiden Jokowi bertemu dengan dua pedagang korban kerusuhan di Jakarta. (Andhika/detikcom)
Jakarta - Sejumlah pedagang di sekitar Thamrin menjadi korban penjarahan ketika aksi 22 Mei 2019 berakhir rusuh. Para pedagang itu bagai mendapat 'tuah' ketika akhirnya diundang Presiden Joko Widodo dan diberi bantuan.

Joko Widodo (Jokowi) awalnya mengundang dua pedagang, Abdul Rajab (62) dan Ismail (68), Jumat (24/5/2019). Dari pinggiran Jalan Agus Salim dan Jalan Wahid Hasyim, mereka masuk ke Istana Merdeka.

Ismail mengaku menjajakan makanan dan minuman. Selain barang dagangannya ludes dijarah massa, ia bersaksi melihat sejumlah motor dibakar.

"Kalau Pak Ismail kan jualan kopi. Mulai awalnya jam 22.00 WIB. Barang-barang yang di dalam kursi-kursi diambilin. Semua dibakar, terus motor juga dibakar. Ada yang hilang 4 motor. Yang dibakar dua, yang lain hilang. Itu motor pak polisi. Dan yang lain motor wartawan," ujar Ismail.


Ismail mengaku merugi sekitar Rp 20 juta akibat kerusuhan tersebut. Ia juga mengaku terkena lemparan batu.

"Yang sebagian ada yang bilang nggak boleh dibakar, tapi ada lagi satu orang datang bilang 'udah bakar aja'. Langsung, jam 02.00 WIB kejadiannya. Itu kejadian jam 22.00 WIB baru bangun tidur. Langsung kaca-kaca pada dilempar, saya juga kena di belakang leher," jelasnya.

Joko Widodo / Joko Widodo (Rengga Sancaya/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com