DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 17:37 WIB

Perusuh 22 Mei Serang Asrama Brimob untuk Rebut Amunisi dan Senjata

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Perusuh 22 Mei Serang Asrama Brimob untuk Rebut Amunisi dan Senjata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Nur Azizah Rizki/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Polri menyebut salah satu alasan para perusuh menyerang asrama Brimob di Petamburan, Jakarta Barat, pada 22 Mei adalah untuk merebut amunisi dan senjata polisi. Para perusuh itu sudah memetakan jumlah anggota polisi yang berada di asrama Brimob.

"Ya. Salah satu sasarannya adalah menyerbu asrama Mako Brimob, untuk merebut senjatanya, untuk melakukan tindakan yang lebih berbahaya lagi. Karena di situ kekuatan hanya 50 dan sebagian besar hanya wanita dan anak-anak kecil yang bisa bertahan di situ," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).


Dedi mengatakan para perusuh itu membakar sejumlah kendaraan di asrama Brimob. Sementara itu, sejumlah amunisi dan senjata masih bisa dipertahankan.

"Kan ditahan, dengan kekuatan 50 orang, kemudian yang menjangkau ratusan orang, dari Slipi maupun Tanah Abang dengan secara masif, dengan menggunakan batu, bom molotov, dan benda-benda berbahaya lainnya, melakukan perusakan, pembakaran-pembakaran seluruh kendaraan yang ada di depan asrama Brimob itu dibakar semuanya," ujarnya.


Terkait kejadian ini, polisi telah menangkap 442 tersangka perusuh dan mengungkap 3 kelompok penunggang gelap. Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki keterkaitan para perusuh dengan kelompok-kelompok tersebut.

"Perusuh 442 tersangka yang sedang berproses, 3 kelompok beda... 442 itu perusuh, kalau kelompok ini kepemilikan senjata api, perencanaan pembunuhan, dan teroris. Itu di luar perusuh," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.



Simak Juga 'Penunggang Gelap Aksi 22 Mei Target Bunuh 4 Tokoh Nasional':

(knv/fjp)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed