DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 16:59 WIB

Tepis Isu 'Bubuk Putih', Polri Pastikan Heli Saat 22 Mei Angkut Air

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Tepis Isu Bubuk Putih, Polri Pastikan Heli Saat 22 Mei Angkut Air Heli water bombing saat aksi 22 Mei. (Foto: Matius Alfons/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Helikopter lalu lalang di udara dan menyiramkan air pada 22 Mei 2019. Meski demikian, muncul isu liar di media sosial bahwa helikopter itu membawa 'bubuk putih' hingga 'air beracun'.

Salah satu yang sempat menyinggung isu ini adalah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Dia bertanya apa benar helikopter menyemprot bubuk putih ke arah massa.

"Betulkan Video ini? Sebuah Helicopter menyemprot bubuk putih ke arah massa?" tulis Fahri sambil mengunggah video pada Sabtu (25/5).



Fahri lalu kembali mencuit. "Katanya air... Untuk memadamkan api... Saya lihat massa.. Gak lihat api..." tulisnya.


Polisi menegaskan bahwa helikopter yang dimaksudkan itu membawa air. Helikopter yang disebut dari Badan Penanggulangan Bencana itu sempat lalu lalang di Tanah Abang hingga Petamburan pada 22 Mei 2019.

"Yang jelas helikopter itu secara nyata yang membawa air. Untuk membantu memadamkan api, juga untuk menyiram masyarakat biar nggak terlalu panas," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di RS Polri Kramat Jati, di Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).


Saat itu, massa memang sempat membakar ban. Siraman air dari helikopter juga untuk memadamkan api.

"Membantu memadamkan, membantu mendinginkan massa," ucapnya.
(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed