DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 16:34 WIB

8 Rumah di Aceh Hancur Diterjang Puting Beliung

Datuk Haris Molana - detikNews
8 Rumah di Aceh Hancur Diterjang Puting Beliung Foto: Rumah di Gayo Lues diterjang puting beliung (Dok. BPBD Gayo Lues)
Gayo Lues - Sebanyak 23 rumah/kepala keluarga di Kecamatan Kota Panjang, Gayo Lues, Aceh diterjang angin puting beliung. Delapan keluarga di antaranya terpaksa mengungsi karena rumah mereka rusak total.

"Ada 23 rumah atau kepala keluarga yang rumahnya terdampak puting beliung. Delapan di antaranya terpaksa mengungsi karena rumahnya tidak bisa dihuni lagi," kata Kalak BPBD Gayo Lues, Suhaidi, kepada wartawan, Senin (27/5/2019).


Kondisi 23 rumah yang rusak itu beragam. Ada rumah yang rusak berat, sedang dan ringan. Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kerusakan rumahnya beragam dan menyebar ke beberapa desa di kecamatan tersebut. Ada di Desa Kerukunan, Desa Kuta Ujung, Desa Tampeng dan Desa Beranang," sebut Suhaidi.


Dia menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/5) sore. Kejadiannya saat hujan lebat mengguyur Gayo Lues. Tiba-tiba angin puting beliung datang dan menerjang rumah-rumah warga.

"Untuk saat ini, mereka yang rumahnya rusak berat sudah mengungsi di tenda dan rumah-rumah saudaranya. Kita juga sudah memberikan bantuan (di) masa panik. Ke depan, kita akan upayakan rumah-rumah yang rusak diperbaiki atau dibuat baru oleh pemerintah. Kita akan koordinasi dengan Bapak Bupati," tambah Suhaidi.


Simak Juga 'Detik-detik Puting Beliung Terjang 4 Desa di Probolinggo':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed