DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 16:37 WIB

8 Manfaat Sholat Tahajud dalam Kehidupan Sehari-hari

Fithria Pratiwi - detikNews
8 Manfaat Sholat Tahajud dalam Kehidupan Sehari-hari 8 Manfaat Sholat Tahajud dalam Kehidupan Sehari-hari/Foto: istock
Jakarta - Sholat tahajud merupakan sholat sunat yang dikerjakan di waktu malam. Ada banyak manfaat dengan melakukan sholat tahajud dalam kehidupan sehari-hari.

Sholat tahajud yang benar dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Kamu dapat melakukan sholat tahajud sebelum sahur.

Ibadah ini termasuk sunnah mu'akad, yaitu sunah yang dikuatkan dengan syara'. Kamu bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat dan tidak ada batasan.

Apa saja manfaat jika kita melakukan sholat tahajud? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Tanda Keikhlasan


1. Mengangkat Derajat

Allah akan mengangkat derajat orang yang gemar melakukan sholat tahajud. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS.Al-Isra:79)

2. Doa Dikabulkan Allah

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, diyakini doa akan lebih mudah dikabulkan. Bagi kamu yang ingin meminta untuk mendapatkan jodoh, kamu dapat meniatkan dan melakukan sholat tahajud dengan khusyuk.

Lakukanlah sholat tahajud selama 40 hari, maka doa kita akan didengar Allah. Karena Allah menyukai hamba-Nya yang banyak meminta.

3. Terhindar dari Infeksi Pernapasan

Melakukan sholat tahajud merupakan salah satu gaya hidup sehat. Sholat tahajud membantu meningkatkan kesehatan yang mampu mencegah berbagai macam penyakit. Hal ini juga baik untuk pernapasan, karena sholat tahajud menjadi terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi pernapasan.

4. Menghapus dan Pencegah Dosa

Keistimewaan sholat tahajud diberikan kepada orang yang mau dan mampu melakukan sholat tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan. Salah satu keistimewaannya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Setiap malamnya kita selalu mengingat Allah, sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita berbuat dosa kembali. Selain dengan sholat tahajud, kamu juga bisa melalukan sholat taubat. Melakukan taubat yang sungguh-sungguh, Insyaallah kita akan diampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

5. Melancarkan Aliran Darah

Selain untuk terhindar dari infeksi pernapasan, sholat tahajud juga dapat melancarkan aliran darah tubuh. Sholat tahajud dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada saat itu udara belum tercemar yang dapat menyehatkan paru-paru, melancarkan peredaran darah, serta menyehatkan tubuh.

Baca juga: Kepasrahan Diri


6. Pikiran Jadi Tenang dan Segar

Ketika kita bangun untuk melakukan sholat tahajud di 1/3 malam, maka kita akan merasakan pikiran jernih serta kembali segar. Pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang.

7. Memperoleh Cinta Allah

Ketika orang lain sedang menikmati tidur, kamu lebih memilih mendekatkan diri kepada Allah. Janji Allah SWT nyata bahwa orang-orang yang senantiasa mendekatkan dan meminta kepada-Nya, maka akan dikabulkan. Allah akan lebih cinta terhadap hamba-Nya yang mau mendekatkan diri.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang terakhir dari sholat tahajud adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh ini akan menjadikan tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Di bulan Ramadhan ini, kamu dapat melakukan sholat tahajud untuk mengumpulkan tabungan pahala yang berlipat ganda. Tapi harus diingat ketika melaksanakan sholat tarawih, jangan langsung melaksanakan sholat witir. Tidurlah lebih dulu, lalu bangun tidur salat tahajud. Kemudian diakhiri dengan sholat witir.


Itulah manfaat sholat tahajud yang harus kamu coba. Dengan mengetahui banyaknya manfaat, hendaknya umat Muslim semakin giat melakukan sholat malam ini. Melakukan sholat tahajud, maka kita akan diangkat derajatnya oleh Allah juga bermanfaat untuk kesehatan. Yuk mulai mendirikan sholat malam!


Simak Juga 'Kekuatan Tahajud, Guru Penderita Kanker Rahim Yakin Bisa Berjuang':

[Gambas:Video 20detik]




(nwy/fay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed