DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 15:37 WIB

Sore Ini, Jalan MH Thamrin Mulai Dibuka

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sore Ini, Jalan MH Thamrin Mulai Dibuka Polisi mulai buka Jl MH Thamrin di depan Bawaslu (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Jalan MH Thamrin sekitar gedung Bawaslu sudah mulai dibuka kembali. Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan mengatakan sore nanti masyarakat sudah bisa mengakses Jl MH Thamrin.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 15.00 WIB petugas Dinas Perhubungan dan personel kepolisian mulai mengangkat beton pembatas jalan yang ada di depan Bawaslu ke atas mobil.

Sementara itu petugas kepolisian mulai mengemasi perlengkapan mereka. Pembukaan jalan itu disaksikan langsung Kombes Harry.

Separator beton yang dipakai untuk menutup Jl Thamrin mulai diangkatSeparator beton yang dipakai untuk menutup Jl Thamrin mulai diangkat Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom


"Siang hari ini rekan-rekan atas perintah Kapolda kami dari jajaran Polres Jakarta Pusat. Baik dari dinas PU melakukan pembongkaran kawat, beton sudah terpasang sejak 21 (Mei) kemarin," ujar Harry saat memantau pembukaan jalan di depan Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Harry mengatakan proses pembukaan jalan di depan Bawaslu bersamaan dengan jalan yang ada di depan KPU, serta Jalan Medan Merdeka dari Istana Negara hingga Patung Kuda. Sehingga masyarakat secara bertahap bisa melakukan aktivitas secara normal kembali.

"Proses ini berjalan bersamaan baik yang ada di Bawaslu, KPU, Istana Negara, dan di depan MK (Mahkamah Konstitusi) ataupun Sapta Pesona semua barrier baik dari beton maupun barrier yang kawat barrier, semua dibuka, dan masyarakat secara bertahap semua akan melaksanakan kegiatan aktivitas di jalur-jalur tersebut secara normal kemudian," lanjutnya.


Harry menuturkan pertimbangan pembukaan jalan karena hingga saat ini situasi terpantau kondusif di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman. Serta keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan pengalihan arus.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan, mengatakan sore ini kendaraan sudah dapat melintas di Jl ThamrinKapolres Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan, mengatakan sore ini kendaraan sudah dapat melintas di Jl Thamrin (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)

"Terkait pertimbangan kami membuka kawat barrier, memang semakin hari sekitar wilayah Thamrin-Sudirman berlangsung dengan baik. Masyarakat melaksanakan aktivitas seperti biasa, dan di beberapa tempat juga kami juga kasihan melihat aktivitas masyarakat terkait masalah penutupan arus ini, masyarakat banyak yang merasa terganggu dan masyarakat menyampaikan untuk segera dibuka," lanjutnya.

Harry mengatakan proses pembongkaran beton pembatas jalan dan kawat berduri dilakukan secara bertahap. Ia menargetkan proses pembukaan jalan ini akan selesai hari ini.


"Iya, ini proses bertahap, setelah ini aktivitas juga sudah mulai berjalan dengan normal khususnya di wilayah Thamrin dan sekitarnya. Semua target hari ini harus sudah clear, ya ini prosesnya karena beton butuh waktu untuk pengangkatannya," lanjutnya.

Sementara itu, menurut Harry petugas kepolisian akan tetap melakukan pengamanan di sekitar Bawaslu. Sedangkan jumlah personel yang dikerahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Ya pengamanan masih, tetap sesuai dengan kebutuhan. Personil masih sama," tutupnya.
(lir/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed