DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:06 WIB

Jalan Lintas Timur Palembang-Betung Siap Dilalui Pemudik

Raja Adil Siregar - detikNews
Jalan Lintas Timur Palembang-Betung Siap Dilalui Pemudik Foto: Jalintim Palembang-Betung (Raja-detikcom)
Jakarta - Jalan lintas timur Sumatera dari Palembang-Betung, Banyuasin telah siap dilalui mudik Lebaran 2019. Bahkan sejak H-10 kemarin tampak lancar dari 2 arah.

Berdasarkan pantauan detikcom, Minggu (26/5/2019), Jalan lintas timur Sumatera Palembang-Betung yang biasanya macet di beberapa titik, kali ini ramai lancar. Tak hanya itu saja, beberapa ruas jalan rusak dan berlubang terlihat sudah diperbaiki.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ruas Palembang-Betung, Dinar Pangayoman saat ditemui di posko jalur Lebaran PPK 1.5 Sumsel mengatakan bahwa ruas ini telah fungsional. Jalan siap dilalui para pemudik dari Pulau Jawa-Sumatera dan sebaliknya.



"Seperti yang kita lihat hari ini, jalan dari Palembang-Banyuasin tampak lancar di kedua arah. Ruas jalan berlubang sudah diperbaiki," kata Dinar setelah meninjau jalur mudik fungsional.

Situasi lalu lintas jalan raya sepanjang 57 kilometer tersebut didominasi kendaraan minibus dan truk bermuatan. Namun ada pula beberapa kendaran dari Pulau Jawa yang mulai memasuki Sumatera.

Menurut Dinar, dari pagi menjelang siang arus lalu lintas cukup lancar, termasuk di KM 12 pebatasan Palembang-Banyuasin sampai KM 30 di Kecamatan Seumbawa, Banyuasin yang jadi langganan macet.

"Kondisi jalan saat ini cukup baik karena titik-titik kerusakan jalan telah diperbaiki. Ini sudah siap dilalui pemudik," katanya.

Sementara mejelang sore hari, arus lalu lintas di perbatasan Palembang-Betung diperkirakan padat karena banyak truk muatan bertonase tinggi yang melintas. Bahkan hal ini jadi salah satu penyebab lambatnya laju kendaraan.



Jika arus lalu lintas normal, Palembang-Betung dapat ditempuh selama 2,5 jam. Sementara dalam kondisi padat dapat ditempuh antara 2,5-3 jam untuk sampai ke perbatasan Banyuasin tersebut.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimujono memastikan jalan lintas timur dapat dilalui kendaraan saat mudik lebaran. Jalan mulai diperbaiki sejak dari awal ramadan hingga mendekati H-7 arus mudik.




(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed