detikNews
Senin 27 Mei 2019, 00:35 WIB

Kemensos Rehabilitasi 52 Anak yang Diduga Terlibat Ricuh 22 Mei

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kemensos Rehabilitasi 52 Anak yang Diduga Terlibat Ricuh 22 Mei Foto: dok. Kowani
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) merehabilitasi 52 orang anak yang diduga telibat kerusuhan 22 Mei 2019. Mereka dikirim ke Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani, Jakarta.

"Anak-anak tersebut dibawa ke balai dalam 4 kloter secara bertahap, di mana tiga kloter dikirim oleh Polda Metro Jaya dengan jumlah 27 anak dan sisanya berasal dari Polres Metro Jakarta Barat sebanyak 25 anak," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangannya, Minggu (26/5/2019).

Agus mengatakan saat ini sedang dilakukan asesmen oleh Pekerja Sosial di BRSAMPK Handayani. Asesmen itu dibantu tiga orang psikolog dan sepuluh orang satuan Bhakti Pekerja Sosial Kemensos.

"Asesmen merupakan bagian penting dalam tahapan rehabilitasi sosial anak-anak ini dan akan menjadi dasar untuk menerapkan berbagai teknik rehabilitasi sosial agar anak-anak tersebut kembali memiliki kapabilitas sosial dan tanggung jawab sosial," ujar Agus.

Selain asesmen, dilakukan juga pemeriksaan medis untuk mengetahui dan memastikan kondisi fisik setiap anak. Dia menyebut anak-anak tersebut terlihat kooperatif dalam pemeriksaan.

"Anak-anak terlihat cukup kooperatif dan mengikuti dengan baik seluruh tahapan pemeriksaan yang dilakukan," kata Agus.

Agus juga mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya selaku perujuk untuk dilakukannya diversi dalam penyelesaian masalah 52 anak tersebut. Dia mengatakan diversi yang merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan ke proses di luar peradilan pidana adalah amanat UU Sistem Peradilan Anak nomor 11 tahun 2012.

"Pemerintah memastikan seluruh anak-anak terpenuhi kebutuhan dan hak-haknya sebagai anak. Untuk itu pendampingan hukum dan dan advokasi sosial akan terus dilakukan," jelas Agus.
(aik/haf)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed