DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 20:58 WIB

Irawati Namai Sang Bayi dari Polantas yang Menolongnya saat Akan Melahirkan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Irawati Namai Sang Bayi dari Polantas yang Menolongnya saat Akan Melahirkan Foto: Polisi bantu ibu yang terjebak macet saat mau melahirkan (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru - Irawati (39) dan sang suami, Widdiya Eka Putra (42), mengaku sangat bersyukur dengan pertolongan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol, Emil Eka Putra, karena menolong dirinya saat hendak melahirkan sang bayi. Ia pun akan menggunakan nama 'Emil' dalam nama lengkap anaknya.

"Anak keempat saya ini laki-laki lahirnya normal. Saya belum kasih namanya. Tapi untuk mengenang kejadian tersebut, dan perjuangan Polantas saya berniat namanya ada memakai nama Kasat Lantas," kata Eka, Minggu (26/5/2019).


Rencananya bayi laki-laki itu akan diberi nama Emiljio Zahsan Putra. Irawati berharap sang anak dapat meneledani sikap heroik Emil.

"Nama itu saya beri, semoga anak saya nanti bisa bersikap seperti Pak Emil, yang sigap membantu orang lain," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, berkat pertolongan Emil, Irawati yang kala itu terjebak macet bisa segera dilarikan ke rumah sakit untuk melahirkan. Kemacetan parah terjadi di persimpangan Jl Soekarno Hatta-Nangka Pekanbaru. Persimpangan ini memang terkenal biangnya macet. Apa lagi saat bulan Ramadhan ini karena banyak warga yang akan mengunjungi mal.


Pada Sabtu (25/5/2019) sekitar pukul 15.10 WIB, anggota Polantas Polresta Pekanbaru di bawah pimpinan Kombes Susanto sedang mengatur lalu lintas di perampatan tersebut. Salah satu mobil yang terjebak macet parah, terdengar teriakan meminta tolong ke anggota Polantas yang lagi bertugas.

"Dari dalam mobil teriak menyampaikan kalau istrinya akan melahirkan. Dia minta tolong agar segera kelur dari kemacetan sore itu," kata Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Emil Eka Putra, Minggu (26/5).

Mendengar teriak meminta tolong, Emil yang ada di lapangan langsung merespons. Dia perintahkan anggotanya Bripka M Syafrial dan Bripka Awaludin untuk segera menolang.


Bripka Syafrial langsung sigap mengambil alih kendaraan tersebut. Dia menggantikan posisinya sebagai sopir. Sedangkan Bripka Awaludin mengambil motor dinasnya dan bergerak membuka jalan yang macet parah.

Arus lalu lintas yang macet diurai agar mobil yang membawa seorang ibu yang akan melahirkan segera dibawa ke RS Prima, di Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Dengan pergerakan yang cepat, akhirnya anggota Polantas ini bisa membawa mobil tersebut sampai di rumah sakit. Sampai di rumah sakit, sang ibu tadi langsung mendapat pertolongan.


(tsa/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed