DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 19:56 WIB

Kemenhub Sidak Tower ATC Hingga Pantau CCTV Bandara Soetta

Robi Setiawan - detikNews
Kemenhub Sidak Tower ATC Hingga Pantau CCTV Bandara Soetta Foto: Robi Setiawan
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan sidak persiapan mudik di Bandara Soekarno Hatta. Awalnya Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti memulai sidak dengan mengunjungi Maintenance Control Center (MCC) Garuda Indonesia.

Tidak sendirian, ia ditemani petugas MCC berkeliling ruang pemantauan hingga masuk ke salah satu pesawat Garuda Indonesia yang akan diterbangkan pada malam harinya.

"Kegiatan hari ini dalam rangka mengecek persiapan fasilitas bandara, pesawat, untuk antisipasi angkutan Lebaran 2019," kata Polana di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Minggu (26/5/2019).


Di sini juga ia meninjau sebuah ruangan pemantauan layar CCTV, yaitu AOCC. CCTV ini tidak hanya ditempatkan di area peron, namun juga di beberapa ruang, jalan-jalan sekitar bandara, termasuk di parkiran bandara untuk meminimalkan aksi pencurian kendaraan.

"Diharapkan dengan adanya AOCC ini kinerja bandar udara secara keseluruhan akan lebih baik, karena semua keputusan apabila ada sesuatu langsung dikoordinasikan dengan baik. Jumlah CCTV 2.150," katanya.

Dari hasil pantauannya ini diketahui tidak ada kendala yang berarti. Petugas pun menjelaskan berbagai manajemen risiko, salah satunya ketika pesawat di udara mengalami kendala maka operator di darat akan sigap mengarahkan pilot untuk mengambil tindakan.


Setelah berkeliling dan meninjau di sekitar MCC, Polana melanjutkan sidaknya ke Jakarta Air Traffic Services Controller (JATSC) AirNav. Ia melakukan sidak sampai ke puncak tower yang berada di lantai 3. Di tengah sidaknya ia mengajak ngobrol beberapa petugas.

Kemenhub Sidak Tower ATC Hingga Pantau CCTV Bandara SoettaFoto: Robi Setiawan


Setelah JATSC AirNav dianggapnya tidak ada masalah, ia melanjutkan sidaknya ke Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI). Di tempat ini ia memastikan proses pemantauan jalur pesawat di udara maupun di darat terpantau baik.

Dari seluruh hasil sidaknya, menurutnya tidak ada kendala berarti dalam menghadapi Mudik Lebaran 2019. Adapun kendala yang ia temui menurutnya bisa diatasi dengan baik dan masih dalam koridor standar keamanan.

"Yang jelas bandara harus menyiapkan fasilitas, pelayanan harus menjamin keselamatan dan kenyamanan penerbangan. Bukan hanya bandara, semua fasilitas pernerbangan kan ada bandara, ada Airnav, ada pesawat," katanya.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed