DetikNews
2019/05/26 19:28:11 WIB

Round-Up

Bukti Link Berita di Balik Gugatan Prabowo ke MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bukti Link Berita di Balik Gugatan Prabowo ke MK Prabowo dan Sandiaga (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Resmi melayangkan gugatan Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi, tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno turut menyertakan tautan berita media online sebagai bukti di antara bukti-bukti lainnya. Lewat sejumlah tautan berita itu, mereka akan membuktikan kecurangan tersktruktur, sistematis, dan masif di Pilpres 2019.

Dirangkum detikcom, Minggu (26/5/2019), bukti berupa tautan berita itu dikritik Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Mereka yakin gugatan yang diajukan tim hukum Prabowo-Sandiaga bakal ditolak MK.

"Buktinya itu harus dibuktikan secara materiil, bukan formil. Kalau yang diajukan alat buktinya media online itu kan hanya secara formil saja. Saya berkeyakinan kalau hanya mengandalkan link berita online, ditolak MK," kata Direktur Hukum dan Advokasi TKN Ade Irfan Pulungan, Minggu (26/5).


Ade menyebut tim hukum 02 terkesan terburu-buru dan tidak siap melayangkan gugatan. Kendati demikian, ia menghormati langkah hukum yang ditempuh Prabowo-Sandiaga untuk membuktikan kecurangan yang selama ini diserukannya.

"Menurut kami kesiapan yang dilakukan 02 untuk mengajukan gugatan ke MK dalam sengketa pilpres ini kurang siap dan kurang serius," ujar Ade.


Kritik TKN Jokowi itu dijawab Sandiaga. Bagi Sandiaga, bukti dari timnya pasti bisa membongkar kecurangan yang dicurigainya.

"Biar nanti tim hukum yang menjelaskan, tapi bukti-bukti yang kita sampaikan insyaallah akan membuka tabir dari penyimpangan penyimpangan yang ditemui di lapangan," kata Sandiaga di Jakarta Convention Center, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Minggu (26/5).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed