detikNews
Minggu 26 Mei 2019, 15:21 WIB

Pemkot Banda Aceh Salurkan Zakat Rp 4,5 M untuk Ribuan Fakir Miskin

Agus Setyadi - detikNews
Pemkot Banda Aceh Salurkan Zakat Rp 4,5 M untuk Ribuan Fakir Miskin Walikota Banda Aceh (Foto: Muhammad Ridho)
Banda Aceh - Sebanyak 7.300 fakir miskin, anak yatim serta penyandang disabilitas dan tenaga harian lepas (THL) di Banda Aceh mendapat santunan jelang Idul Fitri. Bantuan dengan total Rp 4,5 miliar ini bersumber dari zakat.

"Penyaluran zakat tersebut bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan sesama muslim dalam Ramadhan dan menjelang lebaran. Ini amanah dari para muzaki yang harus kami salurkan. Semoga bermanfaat bagi para penerima," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (26/5/2019).

Penyerahan santunan bagi warga kurang mampu itu dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Baitul Mal. Selama ini, banyak warga Banda Aceh menyetorkan zakat melalui Baitul Mal.



Dana yang terkumpul inilah kemudian diberikan untuk fakir miskin hingga anak yatim. Menurut Aminullah, penyaluran santunan bagi masyarakat kurang mampu ini juga untuk menekan angka kemiskinan.

"Ini juga salah satu upaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Kita targetkan dapat semakin turun hingga di bawah tiga persen dalam 2-3 tahun mendatang," jelas Aminullah.

Aminullah mengungkapkan, lewat dana zakat Pemkot Banda Aceh juga sudah membangun sejumlah rumah bagi warga kurang mampu. Selain itu, juga diberikan modal usaha dan pelatihan skill bagi masyarakat.

Walkot berharap ke depan semakin banyak muzaki yang menyetorkan zakat melalui Baitul Mal. "Dengan begitu akan semakin banyak pula masyarakat yang bisa kita bantu," pungkasnya.



Sementara itu, Kepala Baitul Mal Banda Aceh Safwani Zainun mengatakan zakat dengan nilai total Rp 4,5 miliar itu disalurkan kepada 6.100 fakir miskin, 600 THL, 500 yatim, dan 100 orang disabilitas.

"Rinciannya golongan fakir masing-masing mendapat Rp 800 ribu, miskin Rp 600 ribu, yatim Rp 250 ribu, disabilitas variatif antara Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta, dan bagi THL petugas kebersihan dan di Dinas PUPR Rp 600 ribu," jelasnya.
(agse/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed