DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 12:09 WIB

Istri Penulis: Isi Buku 'Jokowi People Power' Beda dengan Narasi Amien Rais

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Istri Penulis: Isi Buku Jokowi People Power Beda dengan Narasi Amien Rais Buku Jokowi People Power karya Bimo Nugroho dan M Yamin Panca Setia. (Gramedia Pustaka Utama)
Jakarta - Istri almarhum Bimo Nugroho, penulis buku Jokowi People Power, Aprilyana Tatty keberatan ketika Amien Rais memamerkan buku yang ditulis suaminya. Dia mengatakan isi buku tersebut sama sekali berbeda dengan narasi yang dibangun Amien Rais soal people power.

"Yang AR (Amien Rais) lakukan ini kan tidak etis. Menyitir buku mendiang suami saya untuk kepentingan narasi politik dia yang jahat," kata Tatty, saat dihubungi, Minggu (26/5/2019).

"Sementara apa yang suami saya tuliskan di buku, sama sekali berbeda dengan narasi yang AR buat soal seruan people power," lanjutnya.


Buku Jokowi People Power ditulis untuk merekam fenomena gerakan rakyat yang saat itu habis-habisan mendukung Jokowi pada Pilpres 2014. Dijelaskan, dalam buku tersebut bahwa gerakan rakyat atau 'people power' menemukan momentumnya. Namun people power dalam buku tersebut dalam konteks pemilu yang demokratis.

"Di Indonesia, gerakan rakyat menemukan momentumnya kembali pada Pemilu 2014. Meskipun tidak seratus persen memenuhi prasyarat ideal, gerakan rakyat berhasil merebut puncak kepemimpinan nasional lewat pemilu yang fair dan demokratis," tulis Bimo Nugroho dan M Yamin Panca Setia dalam buku tersebut.

Kembali ke Tatty, protesnya kepada Amien Rais ini diwujudkan lewat surat terbuka yang diunggah pada akun Facebook-nya, Sabtu (25/5/2019). Tatty keberatan saat Amien Rais membawa buku karya suaminya setelah diperiksa polisi.

"Kepentingan yang diusungnya juga bukan tanggung jawab kami. Tetapi, kami sebagai anak-anak dan istri almarhum Bimo Nugroho sangat berkeberatan dengan digunakannya buku karya orang yang kami kasihi tersebut dalam upaya Amien Rais menggiring opini publik tentang adanya "JOKOWI PEOPLE POWER"," tulis Tatty dalam surat terbukanya.


Istri Penulis: Isi Buku 'Jokowi People Power' Beda dengan Narasi Amien RaisFoto: Lamhot Aritonang/detikcom

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais membawa buku Jokowi People Power ketika diperiksa di Polda Metro Jaya pada Jumat (24/5/2019). Ketika itu, Amien diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Dalam pemeriksaan itu, Amien menjelaskan soal pernyataan 'people power'.

"Jadi yang saya kembangkan sesungguhnya people power enteng-entengan, bukan seperti people power yang mau mengganti rezim atau menjatuhkan presiden, itu sama sekali jauh," kata Amien kepada wartawan.



Usai Diperiksa, Amien Rais Sebut People Power-nya Enteng-entengan? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed