DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 11:32 WIB

Menhub Pastikan Infrastruktur Bandara Soetta Siap Layani Mudik

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menhub Pastikan Infrastruktur Bandara Soetta Siap Layani Mudik Foto: Menhub Budi Karya cek infrastruktur Bandara Soetta (M Fida/detikcom)
Tangerang - Jelang mudik Lebaran 2019, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan infrastuktur Bandara Soekarno-Hatta. Budi Karya memastikan semua infrastuktur dan pesawat siap untuk melayani penumpang mudik.

"Tadi seluruh lapangan sudah dilakukan ramp check, Alhamdulillah apa yang kami lihat semua pesawat ready untuk berjalan," kata Budi Karya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Minggu (26/5/2019).


Namun, Budi Karya tetap mengingatkan maskapai penerbangan agar mengecek kembali kelaikan pesawat. Menurutnya, pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting diperiksa keamanannya.

"Namun demikian kami mengimbau kepada maskapai melakukan secara konservatif. Apa itu, segala SOP yang ditetapkan otoritas bandara diterapkan dengan baik," ujarnya.


Budi memprediksi kenaikan penerbangan sebanyak 1-2 persen. Sementara itu, kenaikan jumlah penumpang diprediksi mencapai 2 persen.

"Yang semula 1.300 take off-landing kan menjadi 1.470 take off-landing per hari. Diharapkan ada kenaikan satu sampai dua persen. Di jumlah penumpang ada pertambahan kira-kira dua persen," sebutnya.

Menhub Pastikan Infrastruktur Bandara Soetta Siap Layani MudikFoto: Menhub Budi Karya dan Menkes Nila F Moelok di Bandara Soetta (M Fida/detikcom)

Di lokasi yang sama, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan telah melakukan cek kesehatan terhadap semua petugas di Bandara Soekarno-Hatta. Dia juga memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengecekan secara acak untuk mencegah penumpang yang mengonsumsi narkoba.

"Jadi memang cek narkoba secara random, artinya mereka tahu nantinya akan terjadi secara random cek, tidak kita sendiri namun dengan BNN," sebut Nila.


(fdu/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed