detikNews
Minggu 26 Mei 2019, 09:14 WIB

Menhub dan Menkes Cek Kesiapan Mudik di Stasiun Gambir

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menhub dan Menkes Cek Kesiapan Mudik di Stasiun Gambir Foto: Menkes dan menhub cek mudik di Stasiun Gambir (Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek melakukan pengecekan jelang mudik 2019. Pengecekan dilakukan di stasiun, bandara dan terminal di sekitar Jakarta.

Budi Karya memulai pengecekan dengan memimpin apel di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2019). Petugas KAI dan aparat gabungan polisi serta TNI ikut serta dalam apel tersebut.



Budi dalam sambutannya mengatakan kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang menjadi pilihan masyarakat. Dia menyebut angka penumpang tahun ini diprediksi naik dari 6,2 juta menjadi 6,4 juta.

"Didasarkan data PT KAI, bahwa tiket KAI Jawa bagian tengah, Jawa bagian timur sudah habis terjual untuk h-7 sampai h-8," kata Budi.

Menhub dan Menkes Cek Kesiapan Mudik di Stasiun GambirFoto: Muhammad Fida/detikcom




Budi Karya mengaku masih ada laporan mengenai fasilitas di stasiun yang perlu dibenahi. Dia meminta PT KAI serius untuk segera membenahi fasilitas tersebut.

"Saya mendapatkan laporan masih ada beberapa fasilitas baik itu sarana dan prasarana perkeretaapian yang perlu diperbaiki dan dipenuhi kelengkapan persyaratannya sesuai peraturan yang berlaku. Saya meminta kepada jajaran Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI agar dapat menindaklanjuti temuan tersebut," jelasnya.

PT KAI sendiri menyiapkan 8.761 personel satpam yang akan menjaga setiap stasiun. Kemudian terdapat pula 1.587 personel bantuan dari TNI dan Polri. Pengecekan juga akan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta dan Terminal Rambutan Jakarta Timur.
(fdu/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com