DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 05:02 WIB

Sejumlah Ulama di Jambi Minta Dalang Kerusuhan 22 Mei Ditangkap

Ferdi Almunanda - detikNews
Sejumlah Ulama di Jambi Minta Dalang Kerusuhan 22 Mei Ditangkap Foto: Dok. Istimewa
Jambi - Ulama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Tebo Jambi memberikan ucapan selamat kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf atas terpilihnya menjadi presiden dan wakil presiden RI 2019-2024. Mereka mengutuk keras atas kejadian kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta yang dianggap sebagai pemecah belah bangsa.

"Kita mengucapkan selamat kepada pasangan bapak Jokowi dan KH. Ma'ruf Amin yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI dari hasil rekapitulasi KPU di Pilpres 2019. Semoga dapat melaksanakan amanah dari rakyat dan menjadikan rakyat Indonesia aman tentram dan sejahtera," kata Ketua MUI Kabupaten Tebo Jambi, KH. Muhammad Rifai, Minggu (26/5/2019).

Sementara Ketua FPI Kabupaten Tebo Jambi, Mufli Mubarak mengecam aksi 21-22 Mei di Jakarta yang dianggap sebagai pemecah belah bangsa serta meminta Polri segera usut siapa dalang dari balik kerusuhan yang terjadi. Mereka juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada TNI-Polri yang telah menenangkan massa di demo tersebut.

"Kita minta jangan sampai terjadi lagi aksi 21-22 Mei yang seperti itu lagi. Kami minta semua pihak untuk tetap dapat menahan diri dapat menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Jangan sampai kita terpecah belah mari kita bersatu menjaga NKRI ini," katanya.

"Kita juga mengucapkan rasa terimakasih kepada personel TNI/Polri yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dari aksi demo itu. Mari sama-sama kita menahan diri jangan sampai terjadi kembali hal-hal yang memecah belah seperti itu. Mari kita satukan hati kita jangan sampai kita bercerai-berai," lanjut Mufli.

Bahkan para ulama dan tokoh masyarakat beserta Forkompinda di Kabupaten Tebo Jambi saat menggelar pertemuannya juga berkomitmen bersama-sama TNI/Polri untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bangsa Indonesia serta tetap menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

"Kita sesuai tugas pokok fungsi masing-masing untuk menyampaikan kepada masyarakat, umatnya untuk sama-sama menjaga Jambi ini menjadi kota yang sejuk, aman dan damai. Tidak terprovokasi dan tidak berimbas dengan kejadian demo yang ada di Jakarta," kata Kapolres Tebo Jambi, AKBP Zainal Arahman.


Simak Juga "Ini Para Pelempar Batu hingga Molotov ke Polisi Saat Rusuh 22 Mei":

[Gambas:Video 20detik]


(eva/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed