DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 00:02 WIB

Suara Naik 2,33%, NasDem Klaim Menangi Pemillu 2019

Elza Astari Retaduari - detikNews
Suara Naik 2,33%, NasDem Klaim Menangi Pemillu 2019 Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengklaim partainya menjadi pemenang di pemilu 2019. Lantaran NasDem menilai, suaranya mengalami kenaikan tertinggi di tahun ini yakni 2,33 persen dibandingkan dengan partai lain.

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Willy Aditya mengatakan dari sembilan partai politik yang dinyatakan lolos parliamentary threshold 4%, Partai NasDem mengalami kenaikan suara tertinggi menjadi 9,05% dari sebelumnya pada Pileg 2014 tercatat perolehan suara sebesar 6,72%. Ada kenaikan sebesar 2,33 %.

"Ini merupakan kenaikan terbesar dibanding perolehan suara delapan parpol lain yang lolos parliamentary threshold," kata Willy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/5/2019).

Ia pun membandingkannya dengan dua partai pengusung calon presiden. PDIP mengalami kenaikan sebesar 0,38% sedangkan Gerindra 0,76%. Padahal jelas Willy kedua partai ini memiliki efek ekor jas (coattail effect).

"PDIP dan Partai Gerindra yang semula diprediksi akan mencatat kenaikan suara signifikan akibat adanya efek ekor jas (coattail effect) dari pencalonan Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tidak menjadi kenyataan," ucapnya.

Kemudian, perolehan jumlah kursi yang didapat NasDem di pemilu 2019 ini juga mengalami peningkatan. NasDem mencatat ada penambahan 23 kursi, sehingga secara totla ada 59 kursi yang dari NasDem yang akan maju ke DPR RI.

"Walau semua ini masih sementara, tetapi kira-kira komposisi parlemen hasil Pemilu 2019 seperti itu," kata Willy.

Menurut Willy peningkatan yang signifikan itu terjadi karena masyarakat telah mempercayai NasDem yang dinilai bersih dalam mahar politik. Lalu juga hubungan yang terjalin antara caleg dan masyarakat setempat. Pemilihan dan penempatan caleg di dapilnya juga sudah tepat.

"Pengalaman langsung itu tentu menimbulkan kepercayaan. NasDem berterima kasih atas kepercayaan itu dan menjaga serta merawat kepercayaan tersebut, Lalu totalitas Ketua Umum NasDem pak Surya Paloh dan segenap caleg serta kader NasDem dalam mengkampanyekan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pasangan capres-cawapres yang diusung NasDem," tuturnya.
(eva/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed