DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 19:23 WIB

Buka Festival Great Sale, Anies: Ini Tanda Jakarta Tetap Tenang

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Buka Festival Great Sale, Anies: Ini Tanda Jakarta Tetap Tenang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Main Atrium AEON Mall Jakarta (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Festival Jakarta Great Sale di sebuah mal di Cakung, Jakarta Timur. Anies mengatakan hadirnya festival ini jadi tanda Jakarta masih kondusif.

"Alhamdulillah sore hari ini kita merasakan kebahagiaan, bahwa kita berkumpul di tempat ini, menandai bahwa Jakarta tetap menjadi tempat yang tenang, ramah, teduh dan bisa beraktivitas ekonomi dengan leluasa," kata Anies dalam sambutannya di Main Atrium AEON Mall Jakarta, Jl Boulevard Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (25/5/2019).

Anies mengatakan beberapa waktu terakhir masyarakat menyoroti aksi 22 Mei dan kerusuhan di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Menurutnya, Jakarta bukan hanya Jl MH Thamrin saja.


"Padahal Jakarta itu bukan hanya Jalan Thamrin. Jakarta itu luas sekali. Di Cakung ini nggak berasa ada apa-apa. Tapi di Jalan Thamrin memang seru beberapa hari kemarin," tuturnya.

Anies lalu bicara soal Jakarta Great Sale 2019. Dia memberi apresiasi atas acara yang sudah digelar di tahun ke-11 ini.

"Menyelenggarakan kegiatan secara konsisten dari tahun ke tahun membutuhkan stamina. Saya atas nama Pemprov DKI Jakarta ingin menyampaikan apresiasi kepada teman-teman yang dari tahun ke tahun mengelola kegiatan Jakarta Great Sale secara konsisten. Kita beri tepuk tangan bagi semuanya," tuturnya.


Dia berharap kegiatan ini dapat menggerakkan perekonomian lebih baik. Menurutnya, kegiatan retail punya tantangan tersendiri di saat ekonomi digital mulai banyak dikenal masyarakat.

"Karena kami menyadari salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan retail terutama yang ada di mal adalah berhadapan dengan munculnya kegiatan perekonomian digital, yang ini memang menjadi tantangan tersendiri," ucap dia.

Dalam kesempatan ini, Anies juga berterima kasih kepada Dewan Kreativitas Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta yang memfasilitasi para perajin untuk menunjukkan hasil karyanya. Dia berharap karya-karya kerajinan Indonesia menjadi kelas dunia.


"Pengrajin-pengrajin kita meneruskan tradisi kerajinan yang amat panjang. Sering tantangannya adalah bagaimana menyambungkan dengan pasar dan menyesuaikan dengan demand abad ke-21. Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama dengan Dekranasda, para pengelola mal, retail, bisa nantinya mendorong agar para pengrajin, hasil-hasilnya sesuai dengan permintaan pasar dan kegiatan mereka pun tumbuh berkembang di tahun-tahun yang akan datang," kata Anies.



Tonton video Anies: Jakarta Tenang-tenang Saja, yang Tegang cuma 200 Meter:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed