DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 16:31 WIB

Kondisi Gunung Agung Terkini, BNPB: Tak Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik

Haris Fadhil - detikNews
Kondisi Gunung Agung Terkini, BNPB: Tak Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik Foto: Gunung Agung/detikcom
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan tak ada peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung, Bali, sejak erupsi pada Jumat (24/5) malam. BPNPB juga menyebut tak ada erupsi yang terjadi lagi sejak kemarin malam.

"Gunung Agung tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik dan erupsi sejak erupsi tadi malam," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (25/5/2019).



Dia mengatakan ada 20 kecamatan dan 53 desa atau kelurahan yang terdampak erupsi Gunung Agung pada pukul 19.23 Wita, Sabtu (24/5). Pihak BPBD Bali pun telah membagikan masker kepada masyarakat yang wilayahnya terkena dampak hujan abu vulkanik.

Status Gunung Agung sendiri berada di level III atau Siaga. Masyarakat dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas pada radius 4 km dari puncak.

Selain itu, Sutopo menyebut kondisi di Bandara Ngurah Rai, Bali, sudah normal meski sempat ada sejumlah penerbangan yang dibatalkan atau dialihkan. Hal senada disampaikan Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti.

"Sudah normal," ujar Polana terkait kondisi Bandara Ngurah Rai.



Sebelumnya, Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Jumat (24/5) pukul 19.23 Wita. Pos pengamatan Gunung Agung di Rendang milik PVMBG mencatat erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sekitar 4 menit 30 detik.

Erupsi itu disertai suara gemuruh sedang hingga kuat yang terdengar di pos pengamatan. Terjadi juga lontaran batu atau lava pijar sejauh 2,5 km hingga 3 km ke segala arah.

"BPBD melaporkan hujan abu dan pasir terjadi di beberapa tempat. BPBD Karangasem melaporkan hujan dan pasir turun di 9 desa," ucap Sutopo dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5).
(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed