DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 13:42 WIB

Pascarusuh 22 Mei, Pasar Tanah Abang Kembali Bergeliat

Rolando - detikNews
Pascarusuh 22 Mei, Pasar Tanah Abang Kembali Bergeliat Kondisi di Pasar Tanah Abang (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Pascarusuh 22 Mei, Pasar Tanah Abang kembali bergeliat. Pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara ini berjalan normal dan kondusif.

Pantauan detikcom, di Blok A, B, dan C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019), aktivitas pedagang dan pembeli ramai tanpa kendala. Para pedagang menawarkan dagangnya, sementara para pembeli berkeliling melihat barang-barang yang cocok untuk dibeli.

Seorang pedagang bernama Along, yang menjual selimut dan seprai kasur di Blok A, mengaku sudah membuka tokonya sejak tanggal 24 Mei 2019. Untuk hari ini, menurutnya, para pembeli yang berdatangan sudah normal seperti biasanya.


"Dari tanggal 24 Mei sih hari Jumat. 22-23 Mei libur di sini. Setelah rusuh hari pertama (tanggal 24 Mei) agak sepi lah. Tapi kalau hari ini sudah lumayan normal. Ini sudah reda suasananya," ujar Along di lokasi.

Along mengatakan omzet dagangnya hari ini tidak ada lonjakan. Namun, saat rusuh kemarin, merugi di atas Rp 20 juta karena harus tutup toko selama 2 hari.

"Omzet ya begitu-begitu aja, standar aja. Tidak ada lonjakan. (Saat toko tutup 2 hari) rugi omzetnya paling Rp 20-30 juta omzet seharinya," ucap Along.

Pasar mulai dibuka sejak Jumat (4/5) kemarinPasar mulai dibuka sejak Jumat (4/5) kemarin (Foto: Rolando/detikcom)
Saat rusuh berdampak sampai Pasar Tanah Abang, Along hanya bisa mengalah mengikuti aturan pengelola pasar demi keamanan tokonya. Barang dagangnya pun aman tidak ada yang dijarah.

"Kita ngikutin aja, kita sih ngalah, ikutin aturan gedung aja. Kalo tutup ya tutup, kalo disuruh buka ya kita buka. (Barang dagangan) aman lah, gedung kan ditutup, dijaga, amanlah" imbuhnya.

Sementara itu, seorang pembeli bernama Theresia Aritonang sengaja tetap berbelanja di Pasar Tanah Abang. Menurutnya, barang yang dijual di Pasar Tanah Abang cukup lengkap, tidak kalah dengan pasar lainnya.

"Karena tetap aja ini Pasar Tanah Abang kan barangnya lebih murah, lebih lengkap semuanya, pilihan banyak. Jadi tidak kalah dengan Pasar Baru," ucap Theresia.
Berbelanja di Pasar Tanah Abang pada hari ini dirasanya cukup aman. Dia pun berharap ke depannya Pasar Tanah Abang semakin rapi dan tertata.

"Nggak ada kerusuhan, baik, nggak ada mau bikin keributan gitu. Amanlah di sini. Nggak terganggu dengan kerusuhan kemarin. Mudah-mudahan (Pasar Tanah Abang) semakin bagus, semakin rapi, semakin tertata jalannya, itu saja," imbuh Theresia.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang ditutup karena aksi rusuh pada tanggal 22 Mei di Bawaslu. Pengumuman penutupan di Tanah Abang dipasang pihak pengelola di bagian tembok Blok A. Pengumuman itu bertulisan 'Mohon Maaf Gedung Blok A Tanah Abang Tutup Akan Kembali Setelah Situasi dan Keamanan Kondusif'.

"Semua Blok Tanah Abang dan Metro tutup. Iya seperti yang di pengumuman. Ini dari kemarin," kata seorang petugas sekuriti di Blok A Tanah Abang, Kamis (23/5).


Usai Kerusuhan 22 Mei, Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka:


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed