DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 22:14 WIB

Ada Penasihat KPK akan Daftar Capim, Siapa?

Ibnu Hariyanto - detikNews
Ada Penasihat KPK akan Daftar Capim, Siapa? Ilustrasi (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk pansel calon pimpinan KPK. Sejumlah nama dari Penasihat KPK pun disebut akan ikut mendaftar.

Kabar itu mencuat saat acara buka bersama dengan media di KPK, Jumat (24/5/2019). Acara tersebut dihadiri oleh tiga pimpinan KPK, yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Alex Mawarta serta ketiga Penasihat KPK, yakni Tsani Annafari, Sarwono Sutikno, dan Budi Santoso.



Awalnya wartawan menanyakan kepada pimpinan dan penasihat KPK soal kesediaannya maju dalam bursa calon pimpinan KPK periode sebelumnya. Penasihat KPK, Budi Santoso, mengatakan akan ada satu atau dua rekannya yang mendaftar sebagai calon pimpinan.

"Penegasan saja ya, mungkin salah satu atau salah dua penasihat akan daftar ya jadi capim," kata Budi Santoso dalam acara buka bersama dengan media KPK.

Budi tak menjelaskan detail nama-nama penasihat yang akan mendaftar capim itu. Namun ia menegaskan tidak akan maju.



"Yang jelas bukan saya. Tunggu tanggal mainnya 17 Juni. Kalau saya alasannya, saya jadi penasihat ini kan baru empat tahun dan itu akan berakhir tahun 2021. Jadi saya merasa lebih indah bisa 2 tahun memimpin periode keempat dan 2 tahun memimpin periode kelima," ungkap Budi.

Meski demikian, Budi juga berharap satu dari lima pimpinan KPK yang sekarang ada yang mendaftar dalam bursa capim. Hal itu agar menjadi jembatan antara periode sebelumnya dengan selanjutnya. Namun ia menyadari proses itu tak mudah.



"Nah tetapi kan kalau melihat empat periode sebelumnya, itu kan nggak pernah terjadi. Karena di periode sebelumnya pun pimpinan yang daftar hanya sampai di DPR dan nggak lolos. Dan kemungkinan itu bisa terulang," kata dia.

Sementara itu, di acara yang sama, Penasihat KPK yang lain, Tsani Annafari, tak menjelaskan secara gamblang akan mendaftar atau tidak. Ia meminta untuk menunggu.

"Nanti ditunggu saja tanggal majunya, ada namanya apa nggak kira-kira. Itu yang paling gampang," kata Tsani.



Pendaftaran capim KPK untuk periode tersebut dibuka bulan depan. Peminat bisa mendatangi langsung sekretariat pansel yang berada di Kementerian Sekretariat Negara Gedung I lantai 2, Jalan Veteran Nomor 18 Jakarta. Selain itu, bisa juga mengirimkan lamaran lewat pos atau surat elektronik (e-mail).

"Pendaftaran capim KPK diselenggarakan mulai tanggal 17 Juni sampai 4 Juli 2019 pada pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB," ujar Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di gedung Kemensesneg, Jalan Veteran Raya, Jakarta, Senin (20/5).

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain surat pernyataan dengan meterai tidak tersangkut partai politik hingga membuat makalah tentang Menggagas Akselerasi Peran KPK dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.
(ibh/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed