DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 21:49 WIB

Tahun Ajaran Baru, Simak Tips Pilih Sekolah dari Kak Seto

Robi Setiawan - detikNews
Tahun Ajaran Baru, Simak Tips Pilih Sekolah dari Kak Seto Foto: Yovanca Natalia Pradipta/detikcom
Jakarta - Saat ini beberapa jenjang sekolah sedang melaksanakan ujian atau tes akhir sebelum naik kelas atau ke jenjang berikutnya. Bagi orang tua yang berencana memasukkan anaknya ke sekolah baru, pemerhati anak Seto Mulyadi atau Kak Seto punya tips memilih sekolah yang baik buat anak.

Menurut Kak Seto, memilih sekolah harus mempertimbangkan juga lingkungannya. Sekolah dengan lingkungan yang baik dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

"Selain kondisi lingkungan sekolah, orang tua dan keluarga menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak," kata Kak Seto dalam acara Talkshow Musim Sekolah Tiba, Sekolah Dekat Rumah Dampaknya bagi Orang Tua dan Tumbuh Kembang Anak, di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Jumat (24/5/2019).


Bagi anak yang masih membutuhkan perhatian lebih dari orang tua, memilih sekolah dengan jarak yang dekat dengan rumah bisa jadi pertimbangan. Begitu pula dengan para orang tua yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Selain untuk perhatian orang tua, sekolah yang jaraknya dekat bisa mempersingkat waktu tempuh anak ke sekolah. Hal ini penting karena, dengan begitu, anak memiliki waktu lebih untuk istirahat, tidak stres di perjalanan, dan bisa fokus belajar di sekolah.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kepala Sekolah Karakter, Triani, mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, setiap orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anaknya.

"Semua orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang terbagus dan terbaik untuk anak-anaknya. Karena mereka berpikir bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang sekaligus bekal untuk sukses di masa depan," papar Triani.

Senada dengan Kak Seto, Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus, mengatakan sekolah dekat rumah turut membantu meringankan beban orang tua.

"Dari sisi ekonomi lebih hemat," kata Alvin.

Menurutnya, sekolah yang jauh memerlukan biaya transportasi.

"Misalnya, apabila menggunakan jasa antar-jemput, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan," sambungnya.

Memahami kondisi ini, pemerintah pun telah menerapkan sistem zonasi, yang menjadi salah satu syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA)/sederajat, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 14/2018 tentang PPDB.


Menyadari pentingnya sarana pendidikan yang terjangkau, baik dari sisi biaya maupun jarak, Podomoro Golf View melengkapi kawasannya dengan fasilitas pendidikan. Mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi tersedia di kawasan mixed-use development.

Kawasan ini memiliki luas area hingga 60 hektare yang berada di Exit Tol Km 19 Cimanggis. Institusi pendidikan yang tersedia antara lain Sekolah Karakter Bangsa, Al-Azhar, hingga Gunadarma.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed