detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 20:54 WIB

Erick Thohir: Pertemuan JK-Prabowo Adalah Hal yang Sehat

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Erick Thohir: Pertemuan JK-Prabowo Adalah Hal yang Sehat Ketua TKN, Erick Thohir (Pool)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan Prabowo Subianto adalah hal yang sehat. TKN menyebut para elite politik harus menempatkan diri sebagai negarawan.

"Ketika komunikasi terbuka antara Pak JK dan Pak Prabowo, saya rasa ini hal yang sehat. Karena kan ini yang namanya perbedaan itu hal yang lumrah selama diselesaikan secara baik-baik," kata Ketua TKN, Erick Thohir, di Hotel Monopoli, Jalan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

"Ini yang saya rasa kenapa kita sebagai elite-elite politik sangat penting menaruh diri kita itu sebagai negarawan dan tokoh-tokoh yang tidak menghalalkan segala cara untuk kepentingan sesaat. Karena Indonesia-nya kan jalan terus, Indonesia kan dibangun. Ini yang kita jaga," imbuhnya.



Menurut Erick, Jokowi sendiri juga akan menyambut pertemuan dengan tangan terbuka. Jokowi disebutnya juga siap membuka diri untuk bekerja sama.

"Dan Pak Jokowi sendiri membuka lebar-lebar tangannya, jelas beliau bilang 'saya membuka diri, saya siap bekerja sama'. Itu kan salah satu statemen yang menurut saya luar biasa. Ini harus disambut secara positif. Tapi tentu aturannya harus sesuai," ujar Erick.



Lantas, apakah Erick juga sudah berkomunikasi dengan sahabatnya yang juga cawapres Sandiaga Uno? Erick menyebut pembicaraan antara dirinya dengan Sandi hanya membahas hal-hal yang ringan.

"Saya hanya bicara yang ringan-ringan saja. Bagaimana kita sendiri kan dapat statement-stament, kalau nanti di ujung-ujung kita bersahabat kembali. Masa karena belum selesai, nggak bisa ngucapin mohon maaf lahir batin? Masa nggak boleh?" ucapnya.

Erick sendiri mengaku belum tahu kapan rencana pertemuan antara Sandi dengan Ma'ruf Amin. Namun, ia menegaskan komunikasi dirinya dengan Sandi berjalan baik, bahkan sering berbincang melalui Whatsapp dan video call.

"Oh nggak lah (merangkul Sandi ke koalisi Jokowi). Justru kita Whatsapp-an, ini kan sudah mau selesai (Ramadhan), kapan kita buka puasa bareng sama keluarga, rencana apakah liburan, apakah juga proses daripada ini musti dicari jalan keluar yang win-win. Kan kayak begitu. Nggak spesifik isu ini atau itu.



Menurut Erick, Sandi menyambut baik pembicaraan dengan dirinya. Hasil pembicaraan antara dia dan Sandi pun disebut Erick juga disampaikan kepada Jokowi maupun Prabowo.

"Oh, beliau (Sandi) sangat welcome. Saya rasa dan saya yakin pembicaraan saya dengan Pak Sandi secara informal pun pasti Pak Sandi sampaikan ke Pak Prabowo, seperti saya juga pasti menyampaikan ke Pak Jokowi. Jadi 'Pak, izin ya saya kontak-kontakan'. Itu kan hal biasa. Jangan sampai nanti ada hal-hal yang dipikir, mohon maaf, apa ini (maksudnya)?" pungkasnya.


(azr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed