detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 20:52 WIB

Jarik Masjid, Cara Warga Semarang Bersihkan Masjid Saat Ramadhan

Muhammad Idris - detikNews
Jarik Masjid, Cara Warga Semarang Bersihkan Masjid Saat Ramadhan Foto: Pemkot Semarang
Semarang - Melanjutkan rutinitas kegiatan 'Jarik Masjid' atau Jumat resik-resik masjid yang dinisiasinya sejak tahun 2017, Jumat (24/5/2019), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan tersebut di Masjid Al Maghfur di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat.

Para takmir masjid, jamaah, dan warga sekitar datang pagi itu untuk menyapu, mengepel, membersihkan karpet dan jendela masjid dengan semangat. Hendi, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa membersihkan masjid sudah menjadi kewajiban masyarakat di sekitar masjid tersebut.

"Mengingat di Kota Semarang ada 1.500 masjid dan 2.000 mushola, kalau jumlah kelurahan di Semarang ada 177 dan dikali 5 kali jumat pada bulan Ramadhan ini, maka Insya Allah semuanya bisa bersih," tuturnya.

Hendi juga menyebutkan bahwa kegiatan jarik masjid ini merupakan wujud dari konsep bergerak bersama.


"Selain dapat dimaknai bahwa yang membersihkan masjid adalah jamaah di lingkungan masjid tersebut, yang bisa membenahi Kota Semarang adalah warga Kota Semarang," sebut Hendi.

Pihaknya berharap Jarik Masjid ini selain dijadikan kegiatan positif yang dapat meningkatkan pahala di bulan Ramadhan juga sebagai media silaturrahmi antar warga. Hendi pun berpesan kepada warga untuk tetap bersikap tenang dan waspada di tengah situasi panas beberapa hari terakhir.

"Ketika ada perselisihan, segera laporkan kepada pihak kepolisian agar dapat segera diproses. Semoga ke depan kondisi Kota Semarang dan Indonesia semakin aman dan kondusif sehingga kita dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik," pungkasnya.


(idr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed