DetikNews
2019/05/24 19:19:00 WIB

Round-Up

BPN Prabowo Tutup Rapat-rapat Strategi di MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
BPN Prabowo Tutup Rapat-rapat Strategi di MK Prabowo dan Sandiaga (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memutuskan menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Langkah konstitusional ini ditempuh setelah mereka menyatakan ogah ke MK karena merasa pernah dikecewakan pada Pilpres 2014.

Dirangkum detikcom, Jumat (24/5/2019), rencana Prabowo-Sandi melayangkan gugatan ke MK pertama kali diungkapkan Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad. Keputusan itu diambil dalam rapat internal yang digelar pada Selasa (21/5) di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi. Rapat hari ini memutuskan bahwa paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," kata Dasco.


Sore tadi, BPN Prabowo akhirnya mengumumkan tim hukum kepada publik. Hashim Djojohadikusumo, yang merupakan adik Prabowo, ditunjuk sebagai penanggung jawab tim tersebut. Kemudian tim hukum diketuai eks pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW).

Sandiaga mengatakan gugatan ke MK ini merupakan tuntutan dari masyarakat. Ia menyebut Pemilu 2019 sulit dikatakan sebagai pemilihan yang baik, jujur, dan adil.

"Jalan ini kami tempuh sebagai bentuk dari tuntutan masyarakat, tuntutan rakyat Indonesia, atas kekecewaan dan keprihatinan rakyat terhadap pelaksanaan pemilu," kata Sandiaga di Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/5).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed