DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 16:22 WIB

Ketua DPR Harap Prabowo Segera Bertemu Jokowi

Tsarina Maharani - detikNews
Ketua DPR Harap Prabowo Segera Bertemu Jokowi Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan Prabowo Subianto. Ia pun berharap akan ada pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo.

"Jika memungkinkan, saya berharap jika dalam waktu dekat ini dilanjutkan pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo," kata Bamsoet kepada detikcom, Jumat (24/5/2019).


Menurut dia, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo yang merupakan rival di Pilpres 2019 akan memberikan suasana teduh bagi masyarakat. Bamsoet mengatakan para pendukung akan mencontoh mereka.

"Silaturahim para elite politik sangat bagus untuk meneduhkan kondisi para pendukung masing-masing. Jika elite bisa bersikap hangat dan saling menghormati satu sama lain, maka pendukung dibawah juga akan meneladani," ujar dia.


Bamsoet pun mengapresiasi langkah Prabowo-Sandiaga Uno yang akan melayangkan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahmakah Konstitusi (MK). Ia mengatakan ha itu lebih baik daripada mengerahkan massa.

"Penggunaan jalur konstitusional ini akan semakin menguatkan demokrasi di Indonesia, ketimbang melakukan aksi massa yang mengganggu ketertiban umum," tutur politikus Golkar itu.

"Karena sudah menggunakan jalur konstitusional, mudah-mudahan apapun keputusan Mahkamah Konstitusi nantinya harus dihormati oleh semua pihak, baik itu dari pihak BPN maupun TKN, dan dari para pendukung masing-masing," imbuh Bamsoet.


Jokowi sendiri mengakui dirinya memang ingin bertemu dengan Prabowo setelah 17 April 2019. Ia punya alasan khusus. Apa itu?

"Ya kan dilihat baik oleh masyarakat, akan dilihat baik oleh rakyat, akan mendinginkan suasana bahwa di elite-elite politik rukun-rukun saja, nggak masalah, saya kira paling penting itu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/5).

"Kalau elitenya rukun, baik-baik saja, di bawah juga akan dingin, akan sejuk," imbuh dia.




Simak Juga 'Jokowi Hargai Prabowo Ajukan Gugatan ke MK':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed