detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 14:08 WIB

TKN Kritik Amien Rais soal Buku 'Jokowi People Power': Cari Perhatian!

Tsarina Maharani - detikNews
TKN Kritik Amien Rais soal Buku Jokowi People Power: Cari Perhatian! Ace Hasan Syadzily (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengkritik politikus senior PAN Amien Rais yang sengaja membawa buku 'Jokowi People Power' saat menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Menurut TKN, Amien sekadar mencari perhatian.

"(Amien Rais) coba mencari perhatian di depan media dengan membawa buku berjudul 'Jokowi People Power'," kata jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Jumat (24/5/2019).


Ace menduga Amien sendiri belum membaca buku tersebut. Ia mengatakan narasi 'people power' dalam buku tersebut berbeda dengan definisi Amien.

"Nampaknya Amien Rais belum membaca buku itu, karena people power yang ada di buku itu jauh berbeda dengan ajakan dugaan makar people power Amien Rais," ujarnya.

Ia pun menjelaskan buku 'Jokowi People Power' itu bukan karya Jokowi. Buku itu ditulis oleh Bimo Nugroho dan M Yamin Panca Setia. Ace mengatakan narasi people power dalam buku tersebut menitikberatkan pada kekuatan rakyat yang mendukung Jokowi sesuai dengan konstitusi.

"Pertama, buku 'People Power' itu bukan dibuat oleh Jokowi, seperti yang coba disimbolkan oleh Amien, melainkan dibuat oleh Bimo Nugroho dan M Yamin Panca. Jadi Amien Rais mencoba menyesatkan publik dalam hal ini," sebut Ace.


"Kedua, isi buku tersebut justru menjelaskan 'people power' adalah kekuatan rakyat yang berbentuk dukungan melalui mekanisme pemilu yang sah dan resmi kepada Jokowi, sosok yang bukan berasal dari elite politik," imbuh dia.

Hal ini, lanjut Ace, berbeda dengan narasi people power yang dibangun Amien untuk melawan hukum. Bahkan, menurut dia, people power ala Amien justru merugikan masyarakat.

"Tentu berbeda dengan people power yang digaungkan Amien Rais yang jelas melawan hukum. Amien mengajak rakyat tidak percaya terhadap institusi hukum dan negara dengan cara turun ke jalan, yang kita semua tahu kemarin berakhir ricuh dan merugikan 'people' (warga DKI asli dan para pedagang dijarah)," kata dia.


Karena itu, ia menegaskan Amien menyesatkan publik. Amien juga dinilai mau membohongi publik dengan sengaja membawa-bawa buku 'Jokowi People Power'.

"Amien benar-benar menyesatkan publik dengan istilah people power. Termasuk mengelabui publik dengan buku 'Jokowi People Power' yang ia bawa," tegas Ace.


Diberitakan, Amien hari ini memenuhi panggilan ke Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Amien datang sambil membawa buku berjudul 'Jokowi People Power'.

Ia sempat memamerkan buku itu di hadapan wartawan saat keluar dari ruang penyidik untuk melaksanakan salat Jumat. Namun Amien tak memberikan jawaban saat ditanya wartawan mengenai buku itu.


Amien Rais Bawa Buku 'Jokowi People Power' ke Polda, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com