DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 13:01 WIB

Wiranto: Pernyataan Prabowo Bagus, Saya Hormat Jika Diikuti Pendukungnya

Tim detikcom - detikNews
Wiranto: Pernyataan Prabowo Bagus, Saya Hormat Jika Diikuti Pendukungnya Wiranto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengapresiasi pernyataan Prabowo Subianto ke pendukungnya pada 22 Mei 2019 malam. Wiranto hormat kepada Prabowo jika bisa mengendalikan pendukungnya.

Pernyataan itu disampaikan Wiranto saat berbincang dengan sejumlah orang di kediamannya. Video perbincangan itu lalu dibagikan oleh staf Kemenko Polhukam, Jumat (24/5/2019).

"Iya saya juga mendengar itu. Itu bagus itu, pernyataan beliau," kata Wiranto.



Wiranto menyimpulkan Prabowo meminta pendukungnya bersabar, menghentikan tindakan kekerasan, dan taat hukum. Jika permintaan Prabowo itu diikuti pendukungnya, Wiranto memberi hormat.

"Kalau itu dilaksanakan, saya hormat betul kepada beliau," ucapnya sambil memberi gestur hormat.

Menurutnya, pernyataan Prabowo itu juga seiring dengan anjuran Jokowi untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan. "Saya ingat juga Pak SBY juga memberi apresiasi itu," tambahnya.



Meski demikian, Wiranto mengatakan, apabila pendukung Prabowo masih melakukan aksi anarkistis, itu menjadi tanggung jawab Prabowo. Dia pun berharap pendukung Prabowo mematuhi arahan capres 02 tersebut.

"Namun kita lihat nanti kalau seandainya masih ada niatan dari para pendukungnya, pengikutnya untuk melakukan aksi-aksi yang anarkis seperti yang terjadi kemarin itu, yang paling bertanggungjawab untuk menghentikan itu hanya sang pemimpin, Pak Prabowo sendiri," tegasnya.



Sebelumnya diberitakan, pada Rabu (22/5) malam, Prabowo mengunggah pesan untuk peserta aksi 22 Mei yang masih berada di depan Bawaslu dan titik-titik lain. Saat itu, Prabowo mengimbau massa untuk pulang.

"Saya kira, walaupun ini aksi damai, bisa berakhir, untuk istirahat, untuk menghadapi besok dan melanjutkan ibadah kita," tutur Prabowo melalui video yang diunggah melalui akun Twitter-nya, Rabu (22/5) sekitar pukul 23.20 WIB.




Simak Juga 'JK Apresiasi Prabowo Tempuh Jalur MK, Minta Pendukungnya Tenang':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed