detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 08:55 WIB

PPSU dan Damkar Gotong Royong Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu Pagi Ini

Jefrie - detikNews
PPSU dan Damkar Gotong Royong Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu Pagi Ini PPSU dan Damkar Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu (Foto: Jefrie/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Situasi di depan gedung Bawaslu pagi ini sudah kondusif. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan pemadam kebakaran pun membersihkan jalanan yang sempat kotor usai kericuhan beberapa hari lalu.

detikcom memantau suasana di depan gedung Bawalu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2019) pagi. Petugas PPSU dibantu petugas Damkar tampak menyirami jalan dengan air.


PPSU dan Damkar Gotong Royong Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu Pagi IniFoto: Jefrie/detikcom

Sejumlah petugas juga tampak membersihkan sampah yang masih berserakan di jalan. Mereka mulai meninggalkan lokasi sekitar pukul 08.18 WIB.

Sementara itu, lalu lintas di Jalan MH Thamrin depan Bawaslu masih ditutup. Pembatas jalan dan kawat berduri masih dipasang di lokasi. Aparat kepolisian juga masih bersiaga mengamankan gedung Bawaslu.


PPSU dan Damkar Gotong Royong Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu Pagi IniFoto: Jefrie/detikcom

Sedangkan Jalan Wahid Hasyim yang sempat menjadi titik rusuh dua hari lalu sudah dibuka. Masyarakat sudah kembali normal beraktivitas.

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, turut hadir memantau kegiatan petugas membersihkan jalanan di depan Bawaslu. Bayu berharap kondisi terus kondusif dan perekonomian di kawasan tersebut kembali normal.

"Alhamdulillah, kami pantau ini sejak semalam, bakda isya, ini jalur Wahid Hasyim sudah mulai dibuka. Hari ini kami memastikan bahwa lokasi ini secara detail, yang penting bisa bersih terlebih dahulu dan lebih detail terkait dengan kesiapan kebersihan yang ada di kawasan ini. Mudah-mudahan ini kembali menggeliat perekonomian kita," ujar Bayu di depan Bawaslu RI, Jl MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat.

PPSU dan Damkar Gotong Royong Bersihkan Jalan di Depan Bawaslu Pagi IniFoto: Jefrie/detikcom


Jumlah petugas PPSU yang dikerahkan pada pagi ini berjumlah 50 orang. Selain disiram, menurut Bayu, petugas juga mencoba mengupas sampah yang menempel di jalanan sekitar Bawaslu.

"Kebersihan, kebersihan. Hari ini kita nggak banyak pasukan kami. Hanya sekitar 50 orang dari PPSU sama dari temen-temen di pemadam. Intinya adalah bagaimana kami bisa detail aja sebenarnya menjaga kebersihan di sini," ujarnya.



Sementara itu, Camat Menteng, Edy Suryaman, mengatakan fokus kegiatan bersih-bersih pada hari ini di gang-gang yang belum tersentuh pada hari kemarin. Edy memastikan kondisi saat ini sudah aman.

"Pasti membantu apa yang sudah disampaikan Pak Wali kemarin, Pak Gubernur kemarin. Ini tindak lanjut dari kegiatan kemarin. Kita mencoba untuk melakukan yang agak lebih detailnya lagi. Memang kita kemarin lebih fokus kepada perempatannya, nah mungkin (sekarang) kita lebih ke gang-gang nya, disela-sela rumputnya. Itu difokuskan lagi," tuturnya.


Kerusuhan 22 Mei Ganggu Ekonomi? Ini Jawaban Sri Mulyani:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/gbr)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com