detikNews
2019/05/24 07:30:45 WIB

Round-Up

Hitungan Kelar, Duit di Amplop Bowo Totalnya Rp 8,45 Miliar

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hitungan Kelar, Duit di Amplop Bowo Totalnya Rp 8,45 Miliar Bowo Sidik (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - KPK sudah menyelesaikan penghitungan duit di dalam amplop yang disita usai operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Total duit yang ada di dalam amplop-amplop itu berjumlah Rp 8,45 miliar.

Penghitungan duit dalam amplop-amplop itu dimulai sejak 29 Maret dan baru tuntas pada 10 Mei 2019 alias lebih dari sebulan. Duit tersebut disimpan dalam 84 kardus dan 2 box kontainer.

"Uang yang ditemukan KPK dalam 84 kardus dan 2 kontainer plastik di PT Inersia pasca OTT beberapa waktu lalu telah selesai dihitung. Total nilai uang Rp 8,45 miliar tersebut saat ini disita sebagai bagian dari berkas perkara," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).



Febri tak menjelaskan detail ada berapa banyak amplop yang terdapat di puluhan kardus tersebut. Dia juga tak menyebut detail pecahan uang yang disimpan dalam seluruh amplop tersebut.



KPK sebelumnya pernah menjelaskan soal isi amplop yang telah dibuka dari tiga kardus pada Selasa (2/4). Saat itu, menurut Febri, ada cap jempol yang ditemukan dalam 12.300 amplop yang telah dibuka.

"Tidak ada nomor urut, yang ada adalah cap jempol di amplop tersebut," ujar Febri saat itu.

Duit dalam amplop tersebut diduga untuk keperluan serangan fajar Pileg 2019 yang memang diikuti Bowo. Untuk diketahui, Bowo merupakan caleg DPR untuk dapil Jateng 2 dari Partai Golkar.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed