detikNews
2019/05/24 04:30:41 WIB

Round-Up

Kontroversi GARIS: Mobil Prabowo, 22 Mei, Isu Sempalan ISIS

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Kontroversi GARIS: Mobil Prabowo, 22 Mei, Isu Sempalan ISIS Massa di depan Bawaslu saat ricuh pada Rabu (22/3) (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Nama ormas Gerakan Reformis Islam (GARIS) kembali mencuat ke publik bersama kontroversi yang mengiringinya. Polisi menyebut anggota GARIS berencana membuat kericuhan di aksi 22 Mei.

"Dari keterangan kedua tersangka tersebut, mereka memang berniat untuk berjihad pada aksi unjuk rasa pada aksi 22 Mei," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (23/5/2019).


Polisi menyatakan keduanya berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Saat ini polisi masih memburu beberapa orang lainnya.

Sebelumnya, GARIS sempat jadi kontroversi ketika capres Prabowo Subianto mengunjungi Cianjur pada Selasa (12/3). Saat itu, Prabowo menumpangi mobil Toyota Vellfire milik Ketua GARIS, Chep Hernawan.

Hal itu jadi kontroversi di media sosial karena sosok Chep pernah membuat pernyataan kontroversial sebagai 'Presiden' ISIS Indonesia.


1. Ketua GARIS Pinjamkan Mobil ke Prabowo

Polemik peminjaman mobil Ketua GARIS, Chep Hernawan, ke Prabowo bermula dari media sosial. Netizen menyoroti mobil yang ditumpangi Prabowo karena pelat nomor bagian belakang mobil tersebut dimodifikasi sehingga tak sesuai aturan baku.

Pada bagian depan, pelat nomor yang dipasang sesuai aturan yakni B-264-RIS. Namun, pada bagian belakang mobil berwarna hitam tersebut dibuat menjadi B-2-64RIS.

Prabowo saat di CianjurPrabowo saat di Cianjur (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)


Usut punya usut, netizen menyebut mobil tersebut dimiliki Chep Hernawan, Kepada detikcom, Chep mengakui hal tersebut.

"Iya itu mobil saya, karena sudah di-setingnya begitu. Jadi saat Pak Prabowo landing, mobil saya sudah standby. Dari lapangan itu ke gedung Assakinah, diiringi oleh massa begitu. Ada jutaan lah massanya, kayak acara 212 lah gitu," ucap Chep melalui sambungan telepon, Rabu (13/2/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed