detikNews
2019/05/24 03:30:28 WIB

Round-Up

Menag Ungkap Asal Duit di Laci, KPK Cari Bukti

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menag Ungkap Asal Duit di Laci, KPK Cari Bukti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tengah meniti tangga 'keramat' KPK menuju ke ruang pemeriksaan (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ratusan juta rupiah ditemukan penyidik KPK dari laci meja kerja Lukman Hakim Saifuddin. Sempat jadi misteri tentang asal usulnya, kini Menteri Agama (Menag) itu buka suara.

Lukman mengaku total uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu itu bersumber dari tiga penerimaan resmi berkaitan dengan jabatannya. Sebagian uang itu disebut Lukman dari honorarium berbagai kegiatannya, sebagian lainnya adalah dana operasional sebagai menteri, dan yang lainnya adalah sisa dana perjalanan dinas.




"Dari semua itu adalah akumulasi dari ketiga sumber tadi yang lalu kemudian biasa saya simpan di laci meja kerja saya," kata Lukman di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Uang yang disita itu dibawa KPK usai menggeledah Kementerian Agama (Kemenag) sebagai tindak lanjut dari operasi tangkap tangan (OTT) pada mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy. Sebab, KPK berkeyakinan Rommy menerima suap berkaitan dengan dugaan 'jual-beli' jabatan di tubuh kementerian itu.

Lantas, percayakah KPK dengan kesaksian Lukman itu?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed