detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 00:25 WIB

Anies Inventarisasi Fasilitas yang Rusak Akibat Rusuh 22 Mei

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Inventarisasi Fasilitas yang Rusak Akibat Rusuh 22 Mei Anies bertakziah ke korban tewas demo rusuh 22 Mei. (Indra/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sedang menginventarisasi fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang rusak akibat kericuhan pada 22 Mei. Anies telah memerintahkan jajarannya membenahi kembali wilayah yang rusak.

"Kita sedang inventarisasi apa saja yang mengalami kerusakan. Tapi seluruh kawasan yang kemarin terjadi benturan sudah dibersihkan, dirapikan, supaya kembali pada kondisi semula," kata Anies setelah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).



Anies menegaskan kondisi Jakarta sudah aman. Dia berpesan kepada warga untuk tidak khawatir dalam menjalankan aktivitas.

"Situasi terakhir kondisi relatif tenang, jadi saya berkali-kali sampaikan bahwa Jakarta kondisi tenang, ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi, di situ sempat ada ketegangan. Hari ini sudah relatif tenang. Makanya saya anjurkan kepada warga Jakarta untuk beraktivitas seperti biasa," ucap Anies.

Dia menyebut seluruh jalan di Jakarta sudah bisa dilewati kecuali, ruas Jalan Thamrin. Tapi dia mengingatkan, hal itu tidak begitu mempengaruhi aktivitas warga.

"Yang ke toko, yang bekerja di pasar, yang bekerja di kantor, yang sekolah, jalani kegiatan seperti biasa. Jakarta aman, normal. Tinggal ruas Jalan Thamrin saja yang belum dibuka sampai nanti setelah pertimbangan keamanan diputuskan untuk digunakan kembali," tuturnya.



Terkait rencana pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Anies mengatakan tidak ada persiapan khusus dari Pemprov DKI. Anies menuturkan proses tersebut akan dikawal sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tidak ada khusus karena proses konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga," sebut Anies.



Terkait Aksi 22 Mei, Anies: Hindari Tanah Abang
(fdu/gbr)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com