DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 17:00 WIB

Respons PKS soal PAN Ngaku Kemungkinan Gabung ke Jokowi

Tsarina Maharani - detikNews
Respons PKS soal PAN Ngaku Kemungkinan Gabung ke Jokowi Mardani Ali Sera (Adhi Wicaksono/detikcom)
Jakarta - PKS tetap yakin Koalisi Adil Makmur, yang mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tetap solid pasca-Pemilu 2019. Hal ini menyusul pernyataan PAN yang membuka peluang merapat ke koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Partai lain punya mekanisme masing-masing. Dan kami tetap yakin Koalisi Adil Makmur solid," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).


Mardani menegaskan PKS akan tetap bersama Koalisi Adil Makmur. Ia pun melemparkan apresiasi kepada PAN yang selama ini dinilai berkontribusi penuh terhadap pemenangan Prabowo-Sandi.

"PAN berkontribusi penuh dalam pemenangan," ujar Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu.

Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi sempat berbicara soal kemungkinan PAN merapat ke koalisi Jokowi-Ma'ruf. Viva mengatakan PAN membuka diri untuk bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Telah ditegaskan bahwa PAN menerima hasil pilpres. Ada aspirasi dari dalam bahwa PAN sebaiknya bergabung di koalisi pemerintahan. Alasannya bukan untuk mencari 'roti kekuasaan' dan posisi di pemerintahan. Namun pertimbangannya adalah untuk memperkuat barisan pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik, bersih, dan berwibawa," jelas dia.


Ia memastikan PAN tidak akan mengganggu hubungan di antara parpol koalisi Jokowi. Kendati demikian, Viva menegaskan keputusan itu akan ditetapkan Zulkifli dalam Rakernas PAN.

"PAN memahami dan mengerti suasana kebatinan partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf yang sejak awal telah berjuang berpeluh keringat. PAN tidak akan mengganggu dan mengusik hubungan mereka dengan Jokowi-Ma'ruf," ucapnya.


"Sikap PAN itu akan diputuskan oleh Ketua Umum Bang Zulkifli Hasan melalui Rakernas yang mengundang pengurus wilayah PAN se-Indonesia," imbuh Viva.


Simak juga video 'Ke Mana 'Pemberhentian Akhir' Demokrat dan PAN Jelang Final?'

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed