DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 16:21 WIB

Anies ke Massa Perusuh: Kalau Mau Rusuh akan Berhadapan dengan Kami

Yulida Medistiara - detikNews
Anies ke Massa Perusuh: Kalau Mau Rusuh akan Berhadapan dengan Kami Anies takziah ke korban tewas demo rusuh 22 Mei. (Indra/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kelompok yang membuat rusuh akan berhadapan dengan pemerintah daerah. Anies mengatakan Jakarta bukanlah tempat perusuh. Tapi bila ada warga daerah lain yang datang, akan difasilitasi.

"Jakarta adalah ibu kota bagi semua, karena itu warga Jakarta maupun luar Jakarta bisa beraktivitas di sini, tetapi Jakarta bukan tempat bagi perusuh. Di Jakarta, kita akan sambut mereka yang datang ke Jakarta berkegiatan di Jakarta kita fasilitasi," kata Anies saat meninjau kawasan Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).


"Tapi kalau mau (buat) kerusuhan, Anda akan berhadapan dengan kami semua," sambungnya.

Ia mengingatkan, bila ada kelompok pembuat rusuh yang datang ke Jakarta, Pemprov DKI akan mencegahnya. Pihak keamanan akan menindak tegas pelaku perusuh.


"Ini kita minta kepada warga untuk sama dan kepada mereka yang datang untuk buat kerusuhan, saya katakan Jakarta akan siap untuk mencegah dan bertindak tegas untuk kepada semua yang melakukan kerusuhan di tempat ini," ujarnya.

Anies pun mengimbau masyarakat yang melihat aksi pelemparan batu agar menghentikan pihak tersebut. Bukan berarti malah ikut-ikutan dan terprovokasi massa yang membuat rusuh.

Baca juga: Thamrin Hari Ini

"Kita tidak akan mentolerir, kita mengundang untuk semua warga untuk juga ikut menghentikan semua pihak-pihak, pribadi-pribadi yang memancing kerusuhan, yang memancing bentrokan," kata Anies.

"Bila melihat orang lempar batu, jangan ikut-ikut lempar batu, tapi hentikan yang melempar batu. Kalau melihat yang memukul, hentikan yang memukul, jangan malah ikut-ikutan memukul," sambungnya.


Selain itu, Anies berpesan bagi masyarakat yang menerima informasi yang beredar untuk meng-crosscheck kembali sebelum menyebarkannya. Hal itu untuk mencegah suasana yang tidak kondusif.

"Untuk semua masyarakat saya minta untuk menonjolkan pesan-pesan kedamaian dan kritis terhadap informasi yang beredar. Jangan cepat-cepat menyebarkan berita yang belum terkonfirmasi akurasinya karena itu tidak membuat suasana kondusif," kata Anies.


Sementara itu bagi masyarakat yang berada di luar Jakarta, Anies menyebut situasi di Jakarta aman. Walaupun sempat terjadi ada bentrokan, tetapi hanya di beberapa titik sekitar Jl MH Thamrin, Tanah Abang, Slipi, dan Petamburan saja.

"Bagi saudara-saudara yang di luar Jakarta dan yang tidak berada di tempat ini saya ingin sampaikan bahwa Jakarta tenang, damai, yang memang sempat ada suasana tegang hanya di ruas jalan sini saja, di luar itu tidak ada masalah," ungkap Anies.
(yld/jbr)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed