DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 15:28 WIB

Menhub Jamin Tol Fungsional Trans Sumatera Layak Dilalui Pemudik

Raja Adil Siregar - detikNews
Menhub Jamin Tol Fungsional Trans Sumatera Layak Dilalui Pemudik Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya menyebut jalur mudik Lebaran di Sumatera Selatan berjalan dengan baik. Pemudik dari jawa dapat melewati jalan tol fungsional sebagai alternatif.

"Kami sama Komisi V DPR memastikan angkutan Lebaran ke Sumatera Selatan berjalan dengan baik. Oleh karenanya kami menjelaskan beberapa moda yang dapat dilalui," terang Menhub ditemui di bandara SMB II Kota Palembang, Kamis (23/5/2019).

Menhub menilai ada beberapa alternatif dari pulau jawa menuju sumatera. Salah satunya melintasi Tol Bakuheni menuju Palembang sehingga dapat memangkas waktu hingga 5 jam perjalanan.



"Bisa lewat jalan darat dengan fasilitas tol fungsional. Memang ya jalan tol itu belum operasional, tapi udah fungsional dan relatif selesai. Jadi dari Lampung ke Palembang itu 7 jam, sebelumnya 12-15 jam. Ini jadi alternatif," kata Budi Karya.

Terkait keamanan di jalan tol fungsional, Menhub mengaku segera berkoordinasi dengan Kapolda Sumatera Selatan dan Lampung. Sementara terkait prediksi akan terjadi peningkatan, semua sudah diantisipasi.



"Keamanan tol Palembang-Lampung nanti dilakukan oleh Kapolda Sumsel dan Lampung. Sesuai arahan Kapolri sudah memberi dukungan penuh dan akan sold out jaminan pengamanan," katanya.

"Penggunaan tol fungsional diprediksi akan ada peningkatan, Lampung-Jakarta relatif aman karena berjajar dengan jalan nasional. Saya rasa tidak akan ada kemacetan, kecuali sudah sampai di Palembang," tutupnya.


Simak juga video 'Jokowi Pede Trans Jawa dan Trans Sumatera Mudahkan Arus Mudik':

[Gambas:Video 20detik]


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed