DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 13:33 WIB

MK Sidangkan Gugatan Pilpres dalam Tempo 14 Hari

Eva Safitri - detikNews
MK Sidangkan Gugatan Pilpres dalam Tempo 14 Hari Anwar Usman (ari/detikcom)
Jakarta - Proses gugatan hasil Pemilu 2019 sedang berlangsung dan memasuki tahapan pendaftaran di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua MK Anwar Usman mengatakan seluruh hakim siap 100 persen menangani perkara hasil Pemilu 2019 dan selesai tepat waktu.

"Seperti yang saya sampaikan kemarin, Mahkamah Konstitusi sudah siap full team dan siap 100 persen sampai detik-detik terakhir. Jadi kami siap untuk itu. Berapa pun permohonan yang masuk," ujarnya di gedung MK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

"Insyaallah cukup untuk pilpres 14 hari, untuk pileg 30 hari," lanjut Anwar.


Di samping itu, ia memastikan seluruh hakim akan bekerja dengan independen dalam menangani perkara-perkara tersebut.

"Yang jelas, independensi itu dijamin 100 persen dari 9 hakim konstitusi semuanya independensinya bisa dijamin," ujarnya

Anwar percaya seluruh hakim konstitusi sama sekali tidak terpengaruh oleh suasana politik selama pemilu. Oleh karena itu, ia berkomitmen para hakim akan bekerja dengan mengedepankan independensi.


"Kami tidak terpengaruh oleh situasi di luar. Yang jelas, kami masing-masing bersembilan sudah berkomitmen untuk mempertahankan independensi dan itu sudah dibuktikan semua perkara bukan ini saja," jelasnya.


Jokowi Hargai Prabowo Ajukan Gugatan ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed