DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 11:47 WIB

Gubernur Sulsel Imbau Pendemo 22 Mei Tempuh Jalur Konstitusi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Gubernur Sulsel Imbau Pendemo 22 Mei Tempuh Jalur Konstitusi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Foto: Opik/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menyambut sangat baik kondisi Indonesia pasca-aksi 22 Mei masih tetap kondusif. Nurdin pun berharap masyarakat yang tidak senang dengan keputusan KPU soal Pilpres tidak mengambil langkah sendiri.

"Kita bersyukur kepada Allah bahwa secara umum kondisi Indonesia cukup kondusif, termasuk Sulsel, kita dalam suasana damai," kata Nurdin di kampus Unhas, Makassar, Kamis (23/5/2019).


Dia pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sulsel yang dianggap tetap tenang menyikapi hasil Pilpres 2019. Tidak hanya itu, dia menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI/Polri yang telah menjaga keamanan tetap kondusif.

"Tentu kita mengapresiasi para petugas TNI dan Polri yang telah betul betul mengamankan Kota Jakarta dan Medan dan beberapa kota yang lain, termasuk Sulsel, dengan sigap dan persuasif," sebutnya.

"Dan tentu kita juga menyampaikan belasungkawa kepada saudara saudara kita yang korban. Mudah mudahan amalannya diterima Allah SWT," Imbuh dia.


Lebih lanjut, Nurdin meminta masyarakat yang tidak mengakui putusan KPU soal pilpres menggunakan jalur yang sesuai dengan ketentuan undang-undang.

"Sebagai warga negara yang baik menghargai konstitusi. Kalau ada kelemahan dalam penyelenggaraan pemilu ini ada jalurnya. Bukan kita mengambil langkah, tindakan sendiri," tegas dia.

Konstitusi, kata Nurdin, telah mengamanatkan bahwa sengketa pemilu diselesaikan di jalur MK.

"Jadi saya kira itu. Saya yakin Indonesia akan kembali kondusif," kata dia.



Tonton juga video Penjelasan Kapolri Soal 6 Orang Tewas dalam Aksi 22 Mei:

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/rvk)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed