detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 11:42 WIB

Momen Prabowo Berbincang dan Usap Korban Rusuh 22 Mei 2019

Tsarina Maharani - detikNews
Momen Prabowo Berbincang dan Usap Korban Rusuh 22 Mei 2019 Prabowo saat menjenguk korban. (Foto: Facebook/Dahnil Anzar Simanjuntak)
Jakarta - Capres Prabowo Subianto sempat menjenguk korban rusuh aksi 22 Mei di Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi di Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/5) malam. Prabowo menyempatkan diri untuk berbincang dengan korban.

Dilihat detikcom, Kamis (23/5/2019), momen Prabowo menjenguk korban itu diunggah akun Twitter @adilmakmur02. Akun resmi pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno itu mengunggah serta sebuah video berdurasi 37 detik yang menampilkan saat sang capres berbincang dengan korban.


Dalam video, Prabowo tampak menghampiri 2 orang korban laki-laki. Salah satu memakai kaus berwarna putih dengan tulisan 'Pemilu Curang'. Sementara satu korban lainnya mengenakan kaus berwarna hijau dengan jaket hitam dengan kondisi terbuka.

Prabowo tampak menanyakan kondisi mereka saat itu. Ia bahkan sempat mengusap perut salah satu korban.

"Di sini?" kata Prabowo sambil mengusap perut laki-laki berbaju hijau. Namun tidak begitu jelas apa isi perbincangan mereka selanjutnya.

Video itu juga disertaI caption yang menyebut bahwa Prabowo meminta para pendukungnya untuk sabar. Ia juga meminta mereka menghindari kekerasan. Selain itu, Prabowo meminta aparat penegak hukum bersikap bijaksana.


"Pak @prabowo menghimbau dan memohon kepada sahabat yang menyampaikan aspirasi agar tetap sabar dan menghindari kekerasan," cuit akun @adilmakmur02.

"Dan untuk aparat kami memohon untuk bersikap arif serta menahan diri. Kita semua mencari solusi terbaik untuk Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjutnya.





Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, sebelumnya telah menyampaikan keterangan perihal kedatangan Prabowo ke Rumah Aspirasi untuk menjenguk korban. Ia berbicara soal pelanggaran HAM.

"Beliau melihat banyak korban. Banyak sekali orang yang cedera dan sebagainya. Saya pikir pelanggaran HAM," kata Dahnil, Selasa (21/5).

Menurut Dahnil, para korban cedera di Rumah Aspirasi kebanyakan merupakan korban tembakan gas air mata. "Luka korban rata-rata gas air mata dan sebagainya," imbuh dia.



Tonton juga video Narasi Para Capres Merespons Aksi 22 Mei:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com