DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 11:03 WIB

Gedung Bawaslu Sempat Terbakar, Karyawan Tetap Bekerja Normal

Matius Alfons - detikNews
Gedung Bawaslu Sempat Terbakar, Karyawan Tetap Bekerja Normal Gedung Bawaslu (Foto: Matius Alfons/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Jakarta - Dinding Gedung Bawaslu semalam sempat terbakar saat kerusuhan 22 Mei 2019. Pagi ini, karyawan dan komisioner Bawaslu tetap bekerja seperti biasa.

"Kami tetap melaksanakan kegiatan kegiatan apa yang semestinya jadi kewajiban kami, seperti penerimaan laporan, ini bagian dari pelayanan publik," kata Ketua Bawaslu, Abhan, di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

"Kami tetap bekerja dan kami juga sedang mengagendakan untuk beberapa agenda sidang yang harus segera kami gelar atas beberapa laporan dari masyarakat atau pihak lain yang sampaikan kepada Bawaslu terkait pelanggaran administratif pemilu," sambungnya.


Gedung Bawaslu Sempat Terbakar, Karyawan Tetap Bekerja NormalFoto: Komisioner Bawaslu cek sisa kerusuhan 22 Mei 2019 (Alfons/detikcom)


Abhan mengatakan karyawan tetap bekerja seperti biasa, menerima laporan sejak kemarin. Terkait aksi demonstrasi di depan Bawaslu pada 21-22 Mei 2019, Bawaslu mengutuk kekerasan yang mengakibatkan korban jiwa.

"Kami mengutuk kekerasan daalm unjuk rasa ini. Saya kira unjuk rasa ini hal yang dilindungi undang undang sepanjang penyampaian aspirasi itu sesuai dengan undang undang ya, dan tentu aspirasi yang bertanggungjawab," ungkap Abhan.

Gedung Bawaslu Sempat Terbakar, Karyawan Tetap Bekerja NormalFoto: Komisioner Bawaslu cek sisa kerusuhan 22 Mei 2019 (Alfons/detikcom)


Meski karyawan bekerja normal, jadwal sidang sidang Bawaslu ditunda. Sidang akan digelar pada Senin (27/5) mendatang.

"Karena situasi tidak memungkinkan, kita tunda sampai hari Senin. Untuk 5 sidang pembacaan putusan pendahuluan dan 4 sidang pemeriksaan," ucap anggota Bawaslu, Ratna Dewi, dalam kesempatan yang sama.


Gedung Bawaslu / Gedung Bawaslu / Foto: Matius Alfons/detikcom


Sebelumnya diberitakan, anggota Bawaslu Rahmat Bagja menggatakan salah satu area di gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta Pusat, ternyata sempat terbakar saat kerusuhan terjadi. Api diduga berasal dari molotov yang dilempar massa demonstran.

"Benar, lantai 2 terbakar, dinding saja yang rusak, dinding yang pinggir menghadap gedung Jaya yang ke arah Tanah Abang," ujar Rahmat Bagja saat dihubungi detikcom via telepon, Kamis (23/5/2019) pukul 04.20 WIB.



Tonton juga video Bawaslu Masih Dijaga Ketat, Sebagian Warga Mulai Beraktivitas:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed