DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 20:27 WIB

Presiden Korsel Telepon Jokowi Ucapkan Selamat Menang Pemilu

Zakia Liland - detikNews
Presiden Korsel Telepon Jokowi Ucapkan Selamat Menang Pemilu Foto: dok Twitter @TheBlueHouseKR
Jakarta - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menghubungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat telepon sore ini. Moon memberikan ucapan selamat atas kemenangan Jokowi, yang merupakan capres petahana, dalam Pemilu 2019.

Dilihat detikcom dari Twitter resmi istana kepresiden Korsel, @TheBlueHouseKR, Rabu (22/5/2019), Moon memberikan selamat lewat sambungan telepon.

Kedua kepala negara sebelumnya pernah bertemu di Seoul, Korea Selatan, pada September tahun lalu. Jokowi saat itu berkunjung ke Korea Selatan untuk memenuhi undangan Presiden Moon Jae-in sebagai tamu negara.




Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, keduanya berkeliling Istana Changdeokgung di Seoul. Saat itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Moon didampingi oleh Ibu Negara Korsel, Kim Jung-sook.

Saat berkunjung ke istana peninggalan dinasti Joseon ini, Jokowi dan Jae-in disambut dengan bendera warna-warni saat memasuki istana. Kedua kepala negara ini berkeliling dengan mengenakan setelan jas.



KPU sebelumnya telah menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019.

"Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239," ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat pleno KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) dini hari.

Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).








Simak Juga "PM Malaysia dan India Ucapkan Selamat untuk KemenanganJokowi":

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed