detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 16:52 WIB

Napi Salemba yang Kendalikan Ribuan Ekstasi Dihukum Penjara Seumur Hidup

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Napi Salemba yang Kendalikan Ribuan Ekstasi Dihukum Penjara Seumur Hidup
Serang - Pengadilan Negeri (PN) Serang menjatuhkan vonis seumur hidup kepada Ahmad Sofian alias Memeng alias Kemed karena mengendalikan 63.573 butir ekstasi dari Rutan Salemba. Sofian juga sedang menjalani hukuman 13 tahun penjara di kasus narkoba.

"Menyatakan terdakwa bersalah dan menjatuhkan pidana penjara seumur hidup," kata majelis hakim yang dipimpin Erwantoni di Jl Serang-Pandeglang, Banten, Rabu (22/5/2019).


Dalam perkara ini, hakim juga menjatuhkan hukuman pada terdakwa Ardi Dwiyana dengan hukuman 20 tahun penjara. Ardi adalah seorang kurir yang diperintahkan terpidana Sofian untuk mengambil ekstasi di Cilegon.

Kasus ini bermula pada 28 September 2018 saat terpidana Sofian menjalani hukuman kasus narkoba di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Saat itu, ia menghubungi Koko alias Padoy (DPO) untuk mencari orang mengambil ekstasi di sebuah hotel di Cilegon.

Di tanggal yang sama pada pukul 02.00, ia kemudian menelpon terpidana Ardi untuk mengambil barang di Cilegon melalui Koko alias Padoy. Melalui sambungan telepon, antara keduanya kemudian bersepakat untuk mengambil barang di lobi Hotel Dinasty di Jl. S.A Tirtayasa.


Terpidana Ardi diperintahkan masuk ke kamar 225 di hotel tersebut dan diminta mengambil paket di dalam ransel berisi 63.572 butir ekstasi dengan iming-iming upah Rp 5 juta. Namun, begitu barang berhasil diambil, tim dari BNN menangkap pelaku untuk diamankan.

Vonis hakim atas terpidana Sofian sendiri lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU menuntut Sofian dengan hukuman mati sementara Ardi dituntut penjara seumur hidup. Keduanya dinilai bersalah dan melanggar pidana sebagaimana Pasal 112 Ayat (2) jo Pasal 132 (1) UU Narkotika.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed