DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 15:45 WIB

Zulkifli Hasan: Selesaikan Perbedaan dengan Damai

Ray Jordan - detikNews
Zulkifli Hasan: Selesaikan Perbedaan dengan Damai Zulkifli Hasan temui jokowi di Istana Bogor (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Bogor - Usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan bicara soal pesta demokrasi. Dia mengatakan perbedaan usai pesta demokrasi harus diselesaikan secara damai.

Zulkifli mengatakan pemilu merupakan agenda yang harus diselesaikan. Dia menegaskan konstitusi memberikan jalan bagi yang tidak sepakat dengan hasil pemilu.

"Konstitusi sudah memberi jalan, kita boleh sepakat untuk tidak sepakat, demokrasi membuka ruang itu, sepakat untuk tidak sepakat. Konstitusi juga memberikan ruang ada perbedaan, ada sengketa, ke mana, apakah untuk DPD, pileg, pilpres," kata Zulkifli usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5/2019).



Zulkifli mengatakan di Mahkamah Konstitusi (MK) setiap pihak bisa menjelaskan persoalan yang dihadapi terkait pemilu. TKN dan BPN bisa saling menjelaskan.

"KPU juga bisa memaparkan, sehingga nanti bisa ditemukan fakta yang betul, baru nanti hakim ambil keputusan. Itu lah cara-cara yang dibenarkan," katanya.

"Saya kira demikian. Mari kita selesaikan perbedaan dengan damai," katanya.



Zulkifli juga bicara soal sikap PAN yang awalnya tidak mau menandatangani hasil Pemilu 2019 yang diumumkan KPU. Namun belakangan PAN menandatangani dengan syarat ada beberapa yang akan digugat.

"Terakhir kemarin rekapitulasi, kami jam 2 pagi memang belum tanda tangan, kami gugat 7 dapil. Ternyata boleh. Kami mengakui rekapitulasi KPU, pileg, pilpres, DPD. BPN gugat ke MK. Jadi kami mengakui rekapitulasi," katanya.
(rjo/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed