DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 07:37 WIB

PBNU Puji Kinerja KPU: Profesional, Objektif, dan Teliti

Tsarina Maharani - detikNews
PBNU Puji Kinerja KPU: Profesional, Objektif, dan Teliti Gedung KPU-Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Rais Syuriyah Pengurus Besa Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Masdar Farid Masudi mengapresiasi kinerja KPU dalam gelaran Pemilu 2019. Masdar menyebut KPU telah bekerja profesional.

"Profesional, objektif, teliti, tepat waktu dengan hasil yang sangat meyakinkan publik (khususnya segenap pemilih)," kata Masdar dalam keterangan pers tertulis, Rabu (22/5/2019).


Menurut dia, tidak alasan untuk menolak hasil Pemilu 2019 yang telah ditetapkan KPU. Masdar menilai KPU telah menjalankan tugas sesuai amanat UU.

"Semua tahapan dan proses Pemilu 2019 dijalankan dengan memenuhi standar operasional yang berlaku sesuai amanat undang-undang," ujar dia.

Selain itu, Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Gus Hasan) mengajak semua pihak untuk menghargai hasil Pemilu 2019 yang diumumkan KPU. Menurutnya, proses penghitungan yang dilakukan KPU merupakan hasil kerja keras banyak pihak.

"Kita menghargai bahwa hasil pemilu dan pilpres tahun ini adalah merupakan produk bersama DPR sebagai wakil rakyat, dan eksekutif dalam hal ini pemerintah sebagai pelaksana yaitu KPU," kata Gus Hasan.


Ia juga menyatakan rasa syukur karena seluruh tahapan Pemilu 2019 dilalui dengan damai. Gus Hasan menilai proses mulai dari pendataan pemilih, verifikasi data, pemilihan, penghitungan, hingga rekapitulasi suara, berjalan baik. Menurutnya, pelaksanaan seperti ini menunjukkan kesantunan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi.

"Apalagi seluruh tahapannya dapat dilaksanakan dengan damai dan tetap terjaganya persatuan. Semuanya juga dilalui dengan terbuka dan transparan," ujarnya.



Tonton juga video Tanggapan KPU Terkait 'Pengumuman Pemilu Senyap-senyap':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed