detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 00:42 WIB

SBY Puji Langkah Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
SBY Puji Langkah Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK Ketua Umum Partai Demokrat, SBY (Ristu Hanafi/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lega dengan keputusan Calon Presiden Prabowo Subianto untuk menempuh gugatan lewat Mahkamah Konstitusi (MK). Apapun keputusan MK nanti, Prabowo bakal dikenal sebagai tokoh yang taat konstitusi dan pemenang demokrasi.

"Pak Prabowo, apapun hasil dari gugatan bapak ke Mahkamah Konstitusi nanti, sejarah akan mencatat Bapak adalah seorang yang konstitusionalis serta seorang yang menghormati pranata hukum, juga champions of democracy, sebuah legacy yang akan dikenang dengan indahnya oleh generasi mendatang," kata SBY dalam keterangan pers lewat video kepada wartawan, Selasa (21/5/2019) malam.



Sebelumnya, Prabowo menyatakan menolak hasil Pilpres 2019. Hasil Pilpres memperlihatkan Jokowi-Ma'ruf Amin punya raihan suara mengungguli Prabowo-Sandiaga Uno. Prabowo akan menempuh langkah hukum sesuai konstitusi.

"Pihak paslon 02 akan terus melakukan seluruh upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang hak-hak konstitusinya dirampas pada pemilu 2019 ini," kata Prabowo dalam konferensi pers di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019) siang tadi.



Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kemudian berubah dari yang semula tak mau menempuh jalur gugatan sengketa Pemilu 2019 ke MK menjadi mau menempuh jalur MK. Keputusan itu diambil dalam rapat internal yang digelar pagi ini di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi, rapat hari ini memutuskan bahwa paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).




(dnu/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com