detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 00:18 WIB

SBY Puji Komitmen Jokowi: Awal yang Indah untuk Rekonsiliasi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
SBY Puji Komitmen Jokowi: Awal yang Indah untuk Rekonsiliasi Ilustrasi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji komitmen calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) yang memenangi penghitungan suara Pilpres 2019. Menurutnya, komitmen Jokowi adalah awal yang indah untuk rekonsiliasi.

"Saya makin bersyukur dan lega karena Pak Jokowi telah menyampaikan bahwa akan menjadi pemimpin dan pengayom dari seluruh rakyat Indonesia, akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial, dan mengajak bersatu padu membangun bangsa dan tanah air tercinta," kata SBY dalam keterangan pers lewat video kepada wartawan, Selasa (21/5/2019) malam.



Menurut SBY, komitmen Jokowi yang telah disampaikan ke publik adalah komitmen yang ditunggu-tunggu oleh semua kelompok. Baik kubu pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin sendiri maupun kubu yang tidak mendukung sama-sama menunggu pernyataan yang mendamaikan dari Jokowi.

"Komitmen pemimpin seperti itulah yang ditunggu dan sangat diharapkan oleh rakyat untuk diwujudkan setelah pemilu ini usai, baik oleh mereka yang memilih Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin maupun yang tidak memilihnya. Inilah awal yang baik bagi rukun dan bersatunya kembali bangsa Indonesia yang hampir setahun berada dalam kontestasi yang keras dan polarisasi yang ekstrem," tutur SBY.



"Juga awal yang indah bagi terbasuhnya luka di antara anak bangsa, serta bagi rekonsiliasi dan bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat," kata SBY.

SBY menyampaikan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf. Dia mendukung Jokowi-Ma'ruf, bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden untuk memimpin Indonesia dan mengayomi semua golongan.

"Semoga Allah meridainya dan semoga sejarah menorehkan tinta emasnya," kata SBY.



Sebelumnya, Jokowi berjanji akan mewujudkan program pembangunan untuk memajukan bangsa Indonesia. Dia mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia. Kepercayaan rakyat kepadanya akan diwujudkan dalam program pembangunan yang baik. Jokowi memastikan dirinya dan Ma'ruf Amin menjadi presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia setelah dilantik pada Oktober 2019. Dia juga siap berjuang untuk mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

"Setelah dilantik di bulan Oktober nanti, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh Indonesia, kami adalah pemimpin dan pengayom rakyat dari 100 persen rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial, bagi 100 persen rakyat Indonesia," kata Jokowi di lokasi Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) siang tadi.


(dnu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com