detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 23:33 WIB

Dibujuk Polisi, Massa di Sukabumi Urung Ikut Aksi 22 Mei di Jakarta

Syahdan Alamsyah - detikNews
Dibujuk Polisi, Massa di Sukabumi Urung Ikut Aksi 22 Mei di Jakarta Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi berdialog dengan massa. (Syahdan/detikcom)
Sukabumi - Belasan pria yang berniat ikut aksi 22 Mei di Jakarta akhirnya mengurungkan niat mereka. Mereka mengurungkan niat setelah dinasehati polisi.

Awalnya, rombongan tersebut sempat ngotot dan mendebat Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi. Mereka mengatakan aksi di Jakarta akan dilakukan secara damai.

"Akhirnya saya telepon Kapolsek Kebonpedes beserta muspika setempat untuk menjemput. Lagi pula mereka sudah terlihat bosan ketika kita minta untuk tidak pergi ke mana-mana. Setelah kita bujuk baik-baik, mereka akhirnya setuju untuk pulang," kata Nasriadi kepada awak media, Selasa (21/5) malam.


Nasriadi lalu menceramahi dan meminta mereka memilih berdoa dan berkumpul bersama keluarga di rumah. Sebab, berangkat ke Jakarta berisiko.

"Awalnya mereka beberapa kali mendebat, ya saya berikan pemahaman, berdoa di rumah pun bisa dan sama baiknya. Akhirnya mereka menyadari bahwa apa yang menurut mereka benar tapi menurut aturan salah, mereka pulang diantar anggota," katanya.

Sebelumnya, polisi mengamankan rombongan yang berniat mengikuti aksi kedaulatan rakyat di Jakarta. Saat diminta pulang, seorang pria yang diduga pemimpin rombongan berkukuh menolak dengan alasan ke Jakarta hanya untuk ibadah dan berdoa bersama.


Pria yang diketahui bernama Asep Sefullah itu terlihat kecewa dan beberapa kali mendebat Nasriadi, yang meminta mereka kembali ke rumah.

Tidak terima atas imbauan itu, Asep kukuh ingin ke Jakarta untuk bergabung dengan teman-temannya yang lain pada aksi kedaulatan rakyat. Asep mengaku ingin menyampaikan aspirasinya.

"Saya ingin menyuarakan banyak warga masyarakat yang berharap keadilan, seluruh masyarakat ini mengeluh, Pak. Demi Allah, Pak, masyarakat mengeluh, Pak, semuanya mengeluh," kata Asep tanpa menjelaskan keluhan yang dia maksud.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com